Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 2 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Catat! Ini 8 Dokumen Pendirian PT yang Wajib Disiapkan
Badan Usaha

Catat! Ini 8 Dokumen Pendirian PT yang Wajib Disiapkan

Published on 22 Agustus 2021 Bacaan 3 Menit
by Hukumonline X Easybiz

Perseroan Terbatas ("PT") memperoleh status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ("Menkumham") dan mendapatkan bukti pendaftaran.

Ringkasan:

Secara garis besar, proses pendaftaran PT cukup mudah, yakni dengan mengisi format isian pendirian secara elektronik melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH). Setelah itu, Menkumham akan menerbitkan sertifikat pendaftaran badan hukum PT secara elektronik.

Khusus bagi pendirian PT persekutuan modal, pengisian format isian pendirian harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales Kami

Kini, pendaftaran pendirian Perseroan Terbatas (“PT”), baik bagi PT persekutuan modal dan PT perorangan, semakin mudah karena bisa dilakukan secara daring melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (“SABH”).

Secara garis besar, proses pendaftaran dilakukan cukup dengan mengisi format isian pendirian secara elektronik melalui SABH. Setelah itu, Menteri Hukum dan HAM akan menerbitkan sertifikat pendaftaran badan hukum PT secara elektronik.

Tapi, khusus pendirian PT persekutuan modal, pengisian format isian pendirian harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung, sebagai berikut:

  1. Pernyataan secara elektronik dari pemohon tentang dokumen pendirian PT yang telah lengkap;

  2. Salinan akta pendirian PT yang diunggah ke SABH;

  3. Minuta akta pendirian PT atau minuta akta perubahan pendirian PT;

  4. Minuta akta peleburan, jika pendirian PT dilakukan dalam rangka peleburan;

  5. Bukti setor modal PT berupa:

  • Jika setoran modal berupa uang, siapkan salinan slip setoran atau salinan surat keterangan bank atas nama PT atau rekening bersama atas nama para pendiri atau asli surat pernyataan telah menyetor modal PT yang ditandatangani oleh semua anggota direksi, pendiri dan anggota dewan komisaris PT;

  • Jika setoran modal selain uang, berupa benda tidak bergerak, siapkan asli surat keterangan penilaian dari ahli yang tidak terafiliasi atau bukti pembelian barang, yang disertai bukti pengumuman dalam surat kabar, jika setoran modal berupa benda tidak bergerak;

  • fotokopi Peraturan Pemerintah dan/atau Keputusan Menteri Keuangan bagi PT persero atau Peraturan Daerah jika pendiri merupakan perusahaan daerah atau pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota; atau

  • salinan neraca dari PT yang meleburkan diri atau neraca dari perusahaan bukan badan hukum yang dimasukkan sebagai setoran modal;

6. Surat pernyataan kesanggupan pendiri untuk memperoleh keputusan, persetujuan, atau rekomendasi dari instansi teknis atau fotokopi keputusan, persetujuan, dan rekomendasi dari instansi teknis terkait (untuk PT bidang usaha tertentu);

7. Surat pernyataan kesanggupan pendiri untuk memperoleh nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan laporan penerimaan surat pemberitahuan tahunan pajak; dan

8. Salinan surat keterangan alamat lengkap PT dari pengelola gedung/instansi yang berwenang atau asli surat pernyataan mengenai alamat lengkap PT yang ditandatangani oleh seluruh anggota direksi, pendiri dan anggota dewan komisaris PT.

Sekarang sudah tahu kan dokumen-dokumen yang harus kamu sediakan sebelum mendaftarkan PT? Jangan lupa dicatat dan dilengkapi ya!

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Catat! Ini Cara Ubah PT Perorangan Jadi PT Persekutuan Modal

Terdapat 2 kondisi yang mengakibatkan Perseroan Terbatas (“PT”) perorangan harus mengubah status badan hukumnya menjadi PT persekutuan modal, yakni dalam hal pemegang saham menjadi lebih dari 1 orang dan/atau tidak memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

12 Agustus 2021Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Apa yang membedakan di antara klasifikasi saham tersebut?

20 Mei 2021Bacaan 5 Menit

Badan Usaha

Beberapa perubahan data PT ditetapkan terlebih dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) dan dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris berbahasa Indonesia.

19 Agustus 2021Bacaan 3 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2021 Easybiz | All Rights Reserved