fbpx

Memilih nama Perseroan Terbatas (“PT”) adalah salah satu langkah awal dan terpenting dalam memulai bisnis. Meski harus semenarik dan ‘semenjual’ mungkin, pemilihan nama PT tidak boleh sembarangan loh! Untuk itu, kami akan bahas aturan apa saja yang kamu wajib tahu ketika memilih nama yang tepat untuk PT-mu.

Secara khusus, aturan penamaan PT diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas (“PP 43/2011”).

Pertama, nama PT harus ditulis dengan huruf latin dan belum dipakai secara sah oleh PT lain serta tidak boleh sama pada pokoknya dengan nama PT lain.

Maksud dari “sama pada pokoknya” yaitu kemiripan yang disebabkan oleh adanya unsur-unsur yang menonjol antara nama PT-mu dan nama PT lain, yang dapat menimbulkan kesan adanya persamaan mengenai cara penulisan atau bunyi ucapan.

Misalnya, PT BUMI PERTIWI dengan PT BUMI PRATIWI, atau PT MANTAP DJAJA dengan PT MANTAP JAYA. Jadi ingat ya, kemiripan seperti ini tidak diperbolehkan.

Kedua, menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, frasa “Perseroan Terbatas” atau disingkat “PT” wajib dicantumkan di awal nama PT.

Ketiga, nama PT tidak boleh sama atau mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan.

Keempat, nama PT tidak boleh bertentangan dengan ketertiban umum maupun kesusilaan, dan tidak terdiri atas angka atau huruf atau serangkaiannya yang tidak membentuk kata, misalnya PT ABC.

Meskipun nama PT tidak boleh terdiri dari angka atau huruf atau serangkaiannya yang tidak membentuk kata, tapi berdasarkan PP 43/2011, dalam mengajukan nama PT, kamu juga bisa sekaligus mengajukan singkatannya.

Singkatan tersebut bisa berupa singkatan yang terdiri atas huruf depan nama PT, atau singkatan yang merupakan akronim dari nama PT. Contohnya, PT SAHABAT FINANSIAL SEJAHTERA disingkat dengan PT SAFIRA.

Kelima, nama PT tidak boleh hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai nama PT, seperti PT Pemborongan dan Pengangkutan.

Namun, nama PT-mu harus sesuai dengan maksud, tujuan, serta kegiatan usahanya apabila kamu ingin menjadikan maksud, tujuan, atau kegiatan usaha sebagai bagian dari nama PT.

Contohnya, kalau kamu memilih nama PT Pelayaran Andalan, maka maksud, tujuan, dan kegiatan usaha PT-mu juga harus di bidang pelayaran sesuai namanya.

Keenam, kalau PT-mu seluruh sahamnya dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia, maka nama PT harus memakai bahasa Indonesia.

Ketujuh, nama PT tidak boleh mempunyai arti sebagai Perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata. Contohnya, Ltd, Gmbh, SDN, Sdn, Bhd, PTE, Co., & Co., Inc., NV, atau BV, Usaha Dagang (UD), Koperasi Usaha Dagang (KUD), Incoporated, Associate, Association.

 

Tips memilih nama PT:

  • Menggunakan huruf latin dan belum dipakai secara sah serta tidak sama pada pokoknya dengan PT lain
  • Mencantumkan frasa “perseoran terbatas” atau disingkat “PT” di awal nama
  • Tidak sama atau mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional
  • Tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan serta tidak terdiri atas angka atau huruf atau serangkaiannya yang tidak membentuk kata
  • Tidak boleh hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha
  • Wajib menggunakan bahasa Indonesia bagi PT lokal
  • Tidak memiliki arti sebagai Perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata

 

Yang tak kalah penting adalah sebelum dapat menggunakan nama PT dan mencantumkannya dalam anggaran dasar PT, nama PT-mu harus memperoleh persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (“Menkumham”), yang pengajuannya kini dilakukan secara elektronik melalui laman Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Nantinya, persetujuan maupun penolakan atas pengajuan tersebut juga akan diberikan oleh Menkumham secara elektronik. Oleh karena itu, Easybiz selalu meminta kepada pelanggannya agar mempersiapkan tidak hanya satu nama PT saja, akan tetapi tiga nama PT dengan tiga suku kata untuk dijadikan nama cadangan apabila nama yang sudah diajukan mendapatkan penolakan dari Menkumham.

Jika mengalami kesulitan untuk mengurus pendirian perusahaan dan perizinan berusaha, hubungi Easybiz di 0812 9966 7071 untuk solusi terbaik pendirian perusahaan dan perizinan berusaha yang legal dan tepat.

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>