Mengenal Definisi dan Fungsi Akta Pendirian Usaha
Sabtu, 14 Juni 2025
Selain menyiapkan modal usaha, melengkapi berkas-berkas dan dokumen penting terkait pendirian perusahaan juga tidak kalah penting. Pasalnya, salah satu berkas yang wajib dimiliki pelaku usaha adalah akta pendirian usaha. Walaupun sering dianggap remeh, namun mengurus akta pendirian usaha sebaiknya tidak boleh dilewatkan. Dengan memiliki akta pendirian usaha, Anda akan dipermudah dalam melakukan pengurusan perizinan dan juga melakukan kegiatan usaha.
Jenis Usaha yang Membutuhkan Akta Pendirian Usaha
Seperti yang sempat disebutkan di atas, akta pendirian usaha adalah syarat penting yang wajib dimiliki saat akan mendirikan usaha. Akta pendirian usaha ini dibutuhkan oleh jenis badan usaha seperti berikut ini:
Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan Terbatas atau PT adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham atau badan hukum perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil (“UMK”) sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai UMK.
Lebih lanjut, PT dikategorikan menjadi dua, yaitu PT Persekutuan Modal dan juga PT UMK. Untuk mendirikan PT dibutuhkan akta pendirian usaha yang dibuat dalam bahasa Indonesia, dan diajukan kepada Menkumham sebagai salah satu syarat status badan hukum PT.
Firma
Firma berasal dari Bahasa Belanda 'vennootschap onder firma ' atau VOF, yang artinya sebuah perserikatan dagang antara beberapa perusahaan. Secara umum, firma di Indonesia adalah bentuk persekutuan dari dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha dengan memakai nama bersama. Untuk mendirikan firma, dibutuhkan akta pendirian usaha yang dibuat di hadapan notaris.
Misalnya bila Anda ingin mendirikan firma hukum, maka Anda harus membuat akta di hadapan notaris kemudian mendaftarkannya kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar.
Persekutuan Komanditer (CV)
CV atau Persekutuan Komanditer adalah badan usaha yang juga membutuhkan akta pendirian untuk mendirikan usaha tersebut. CV didirikan oleh dua orang atau lebih, di mana salah satu pihak berperan sebagai sekutu pasif (pemberi modal), dan pihak lain berperan sebagai sekutu aktif (yang mengelola perusahaan).
Akta pendirian usaha CV dibutuhkan untuk mengatur tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak pendiri, menjelaskan pembagian keuntungan, penentuan kepengurusan CV serta pembubaran CV.
Fungsi Akta Pendirian Usaha
Apa itu akta pendirian usaha? Akta pendirian badan usaha atau akta pendirian usaha adalah dokumen yang dibuat dan disahkan oleh seorang notaris pada saat suatu usaha atau perusahaan hendak didirikan. Sebagai informasi, baik usaha atau perusahaan berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum wajib memiliki dokumen ini. Lebih lanjut, Akta pendirian usaha memuat informasi lengkap mengenai usaha yang dijalankan di antaranya:
Nama perusahaan
Nama pemilik modal
Besar modal dasar
Struktur kepengurusan perusahaan
Akta pendirian usaha merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki pemilik usaha. Adapun fungsi dan manfaat memiliki akta pendirian usaha di antaranya sebagai berikut.
1. Status legal di mata hukum
Memiliki akta pendirian akan mengubah status legal kedudukan perusahaan di mata hukum. Misalnya jika terjadi perselisihan selama menjalankan bisnis, akta dapat dijadikan pegangan yang dapat menguntungkan badan usaha dan memperjelas kedudukan Anda sebagai pelaku usaha.
2. Sebagai dokumen pendukung pengurusan perizinan
Memiliki akta pendirian usaha sangat penting untuk mengurus izin-izin lain, seperti halnya NIB, NPWP, dan perizinan lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga lebih mudah jika ingin mengurus perizinan terkait ekspor dalam rangka mengembangkan usaha ke luar negeri.
3. Memberi kejelasan status kepemilikan
Akta pendirian usaha membantu Anda menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama kegiatan usaha dilakukan. Misalnya, ketika terjadi pembelian atau penjualan saham, akta pendirian usaha membantu memberi kejelasan status kepemilikan yang sah, sehingga perpindahan kepemilikan saham tidak bisa dilakukan tanpa persetujuan Anda.
Persyaratan dalam Pembuatan Akta Pendirian Usaha
Untuk bisa membuat akta pendirian usaha, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, meliputi:
Nama dan tempat kedudukan usaha
Jangka waktu berdirinya perusahaan
Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha
Jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor (khusus untuk PT)
Nilai nominal dan jumlah saham (khusus untuk PT)
Alamat perusahaan, dan
Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari pendiri sekaligus direktur dan pemegang saham usaha
Setelah semua dokumen dilengkapi, notaris akan mengajukan akta ini ke Kemenkumham. Kemenkumham akan menerbitkan Sertifikat Pernyataan Pendirian secara elektronik yang nantinya dapat diunduh dan dicetak dengan menggunakan kertas putih berukuran F4 (Folio).
Temukan Layanan Pendirian PT yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda bersama Easybiz.
Bagikan Artikel:
Corporate Solution: Solusi Pelaporan Dokumen Perusahaan Anda
Satu paket untuk memenuhi kewajiban pelaporan perusahaan Anda secara mudah, efisien, dan praktis dengan Easybiz. Dapatkan layanan:
- ✔️
Review Dokumen Legalitas Perusahaan
- ✔️
Konsultasi OSS, LKPM, Perizinan
- ✔️
Pelaporan LKPM 1 tahun
- ✔️
Riset Perizinan
- ✔️
dan lainnya
Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami melalui tombol dibawah ini!
Konsultasi GratisPelajari Corporate Solution