Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto Agar Hasil Maksimal
Badan Usaha

Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto Agar Hasil Maksimal

Published on 15 March 2020 2 menit
by Toha

Jika kita ingin mengedit photo kita memerlukan software agar memberikan hasil foto maksimal. Ikuti tips serta langkah yang akan diulas di dalam artikel ini.

Ringkasan:

Bicara soal penyempurnaan gambar, ada banyak foto editor yang mumpuni untuk dipakai. Sebagai contoh, program seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Canva hingga Adobe Camera Raw dapat menjadi pilihan terbaik. Namun, sudahkah Anda mampu menggunakannya?

Kunci pengoperasian aplikasi edit foto adalah nyaman dan tahu apa yang harus dilakukan.

Hubungi Sales Kami

Jika kita ingin mengedit photo kita memerlukan software yang dapat membantu memberikan hasil foto yang maksimal. Apabila Anda belum bisa menggunakannya, jangan khawatir karena Anda dapat mengikuti tips serta langkah yang akan diulas di dalam artikel ini. 

Saat ini, aplikasi foto sudah bukan sesuatu yang asing lagi. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone, memiliki aplikasi editing foto di dalam ponselnya. 

Kemudahannya tidak hanya bisa dinikmati melalui ponsel, namun juga semua gadget yang Anda miliki, baik dari ponsel, tablet, laptop maupun komputer. Dengan aplikasi yang berkualitas, Anda bisa menikmatinya secara gratis, ada pula aplikasi yang berbayar. Tentunya bila Anda ingin memanfaatkan aplikasi foto editor secara maksimal, Anda disarankan untuk berlangganan dan menikmati aneka fitur unggul dengan lebih bebas dan maksimal.

Jika kita ingin mengedit photo, kita memerlukan software seperti apa?

Fotografi telah menjadi hobi sebagian besar orang bahkan orang yang tidak memiliki kamera sekalipun. Mengandalkan kamera di ponsel, Anda sudah bisa menghasilkan jepretan momen atau obyek yang indah.

Sebagian besar program aplikasi telah digunakan jutaan orang, misalnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Snapseed, Pixlr, Canva, hingga Adobe Camera Raw. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Tetapi, tahukah Anda bagaimana cara menjalankannya?

Tidak selalu membutuhkan keahlian profesional, kok untuk mengoperasikan aplikasi editing foto. Bahkan pemula pun bisa dengan mudah mengakses dan menggunakan aplikasi mengedit foto. Selama Anda tahu tips dan triknya, Anda dapat dengan mudah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengolah hasil jepretan yang Anda miliki. Foto Anda pun menjadi lebih berkualitas dan dapat digunakan sesuai dengan keinginan.

Ingin menjadi jagoan dalam mengedit foto? Ikuti cara menggunakan aplikasi foto berikut, yuk!

Cara menggunakan aplikasi edit foto

Agar hasil jepretan foto Anda maksimal, ada lima tips yang bisa Anda gunakan. Apa saja, sih

1. Pahami tombol shortcutnya 

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi edit foto adalah memahami tombol shortkey/shortcut atau tombol pintas, yang nantinya akan membantu memudahkan Anda dalam memproses dan mengedit foto dengan lebih cepat. Mengetahui jalan pintas seperti ini dapat membantu Anda menghemat lebih banyak waktu dan bisa mengerjakan lebih banyak hal lainnya. 

Khususnya bila hobi Anda ini ingin dijalani dengan lebih profesional, tentunya Anda membutuhkan alur kerja yang lebih cepat dan praktis sehingga tidak menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk mengedit foto saja, kan? 

Nah, begitu Anda mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan, pahami terlebih dahulu shortkey dan fungsi-fungsi apa saja yang ada di dalam aplikasi editing foto tersebut. 

2. Mempelajari kamera dan penyesuaian lensa 

Hal terpenting kedua agar Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto lebih maksimal adalah mempelajari panel ACR dan Lightroom dalam aplikasi sebagai penyesuaian dasar. Misalnya sebelum membuat perubahan besar pada warna dan kontras, maka pelajari kalibrasi kamera terlebih dahulu. 

Pada aplikasi Lightroom, misalnya, Anda bisa mencoba Tab Lens Corrections dan opsi Enable Lens Profile Correction. Terutama jika Anda menggunakan lensa sudut lebar, maka penyesuaian lensa otomatis dibutuhkan untuk mencegah gambar keluar dari bingkai. 

3. Ketahui trik khusus untuk foto pemandangan 

Apakah Anda gemar mengambil gambar lanskap pemandangan? Jika demikian, maka Anda harus memanfaatkan opsi HSL yang dapat ditemukan dalam aplikasi edit foto seperti Adobe Camera Raw atau Lightroom. Fitur tersebut membantu Anda untuk meningkatkan kontras, misalnya saat Anda memotret lanskap langit biru. 

Anda juga bisa memilih opsi luminance, menggeser area warna biru ke kiri atau ke kanan untuk menggelapkan atau menerangkan langit. Agar menghasilkan foto yang natural, sesuaikan saja penggunaan opsi luminance ini, jangan terlalu sering menggunakan agar tidak mempengaruhi kealamian foto Anda. 

4. Trik mempercantik gambar yang wajib diketahui 

Langkah selanjutnya untuk menghasilkan foto yang maksimal adalah mempercantik gambar. Langkah seperti apa saja sih yang dapat digunakan dalam Photoshop untuk mempercantik gambar? Yuk ikuti langkah berikut: 

  • Langkah awal, unggahlah foto pada aplikasi kemudian pilih panel Brightness/Contrast

  • Sesuaikan Brightness (kecerahan) hingga angka +25 dan Contrast (kontras) ke angka +35. Lanjutkan dengan mengatur Saturation (saturasi) ke -25 

  • Atur layer Curves

  • Atur garis merah dengan menyeret ke bagian tengah bawah 

  • Pindahkan garis biru ke atas 

  • Naikkan sedikit bilah hijau 

  • Selesaikan dengan mode blending Soft Light agar hasilnya lebih rapi dan lembut 

5. Jangan takut bereksperimen dengan Pengaturan Preset 

Salah satu hal yang membuat Anda tidak dapat menghasilkan gambar yang maksimal adalah takut bereksperimen dengan Pengaturan Preset. 

Panel Preset bisa Anda temukan di sebelah kiri aplikasi edit foto. Ada banyak sekali pilihan preset yang bisa Anda coba, sehingga Anda bisa menemukan pilihan preset yang paling cocok. Dengan demikian, Anda juga bisa mengingat preset yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya ketika membutuhkan perlakuan yang berbeda. 

Selain Panel Preset, Anda juga bisa mencoba elemen lain seperti crop, level, dan lain sebagainya. Yang terpenting, jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen sampai Anda benar-benar memahami aplikasi yang Anda gunakan dan dapat menemukan tools untuk mempercantik dan memaksimalkan foto jepretan Anda.

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Easybiz dengan Canva.

Rekomendasi:

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang didirikan untuk membantu UKM dan Startup di Indonesia untuk membuat perusahaan dan perizinan usahanya. Akurat, Praktis, dan Terjangkau.

Cek Layanan KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved