prosedur-pendirian-pt-terbaru
Prosedur dan Syarat Pendirian PT Terbaru Yang Wajib Anda Ketahui
February 18, 2020
Pengumuman Terkait COVID-19
Pengumuman Terkait COVID-19
March 21, 2020
Show all

5 Tips Menggunakan Aplikasi Edit Foto untuk Hasil yang Optimal

aplikasi edit foto

Tak sembarang menggunakan aplikasi edit foto, nyatanya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar hasil gambar dapat menjadi lebih optimal. Sudah tahu caranya? Tak perlu khawatir, Anda dapat mengikuti tips serta langkah tepat lewat artikel yang satu ini.

Fotografi adalah hobi yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan uang. Terlepas dari itu, Anda juga membutuhkan elemen lain untuk mendukung hasil gambar. Ya, hal tersebut dapat ditunjang dengan cara memilih aplikasi edit foto yang tepat. Sampai situ saja? Tentu tidak!

Bicara soal penyempurnaan gambar, ada banyak foto editor yang mumpuni untuk dipakai. Sebagai contoh, program seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Canva hingga Adobe Camera Raw dapat menjadi pilihan terbaik. Namun, sudahkah Anda mampu menggunakannya?

Kunci pengoperasian aplikasi edit foto adalah nyaman dan tahu apa yang harus dilakukan. Wajar bila masih bingung sehingga perlu mempelajari lebih lanjut. Optimalkan hasil gambar Anda dengan mengikuti tips yang tepat sebagai berikut…

 

5 Tips Menggunakan Aplikasi Edit Foto

  1. Paham Tombol Shortkey

Tombol shortkey atau tombol pintas memudahkan Anda dalam proses edit foto yang lebih cepat. Terkadang, hal-hal seperti ini mampu membantu pengguna untuk mempercepat tugas, apalagi jika Anda berniat untuk menjadi fotografer profesional yang selalu dikejar oleh waktu.

Salah satu masalah pengeditan foto adalah alur kerja. Kadang-kadang, mengedit untuk beberapa foto saja bisa berlangsung selama satu jam. Proses membuka, mengedit, dan menyimpan bisa menjadi masalah. Setiap aplikasi edit foto berbeda, jadi pahamilah hal ini sejak awal.

  1. Pelajari Tentang Kamera dan Penyesuaian Lensa

Hal terbaik dalam aplikasi edit foto mempelajari beberapa panel ACR dan Lightroom sebelum terlibat dalam penyesuaian dasar. Misalnya, sebelum Anda membuat perubahan besar pada warna dan kontras, periksa panel Kalibrasi Kamera terlebih dahulu.

Tab Lens Corrections dan opsi Enable Lens Profile Correction di beberapa aplikasi, semisal Lightroom, layak untuk dicoba. Terutama jika Anda menggunakan lensa sudut lebar, penyesuaian lensa otomatis mungkin mendorong beberapa area gambar keluar dari bingkai.

  1. Trik Khusus untuk Foto Pemandangan

Jika Anda gemar mengambil gambar lanskap pemandangan, manfaatkan opsi HSL yang kerap ada di aplikasi edit foto seperti Adobe Camera Raw atau Lightroom. Lewat fitur tersebut, pengguna dapat mengatur peningkatan kontras semisal pada potret langit biru.

Lakukan dengan cara memilih opsi luminance, lalu seret penggeser biru ke kiri atau ke kanan untuk menggelapkan atau menerangkan langit. Atur sesuai kebutuhan, jangan terlalu sering karena dapat mengganggu hasil natural dari foto tersebut.

  1. Trik Sederhana Mempercantik Gambar

Jika Anda ingin menerapkan tampilan yang lebih gaya pada foto, trik di bawah mungkin terbukti bermanfaat. Cara ini menggunakan Photoshop, ikuti langkahnya sebagai berikut:

– Mulailah dengan mengunggah foto dan pilih panel Brightness / Contrast

– Sesuaikan Kecerahan ke +25 dan Kontras ke +35. Atur Saturation ke -25

– Atur layer Curves

– Pertama-tama, atur garis merah dengan seret ke bawah bagian tengah

– Pindahkan garis biru ke atas

– Naikkan sedikit bilah hijau

– Selesai dengan memilih mode blending Soft Light

  1. Bereksperimen dengan Pengaturan Preset

Panel Preset biasanya terletak di sebelah kiri aplikasi edit foto. Dari sekian banyak pilihan, Anda dapat bereksperimen untuk menemukan opsi paling cocok. Sesuaikan dengan kebutuhan, selalu ingat bahwa setiap gambar mungkin memerlukan perlakukan yang berbeda.

Itulah tadi lima tips menggunakan aplikasi edit foto untuk menghasilkan gambar yang optimal. Selebihnya Anda dapat mencoba elemen seperti crop, level dan sebagainya.

Selamat mencoba!

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Easybiz dengan Canva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>