Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Domisili Perusahaan, Bisakah Menggunakan Alamat Rumah?
Perizinan Berusaha

Domisili Perusahaan, Bisakah Menggunakan Alamat Rumah?

Published on 27 December 2022 2 menit
by Toha

Mendirikan kantor di rumah mungkin menjadi pilihan yang menarik, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadikan alamat rumah sebagai kantor perusahaan.

Ringkasan:
  • Menggunakan alamat rumah sebagai kantor terkait erat dengan domisili perusahaan, sehingga perusahaan harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku.

  • Harus memeriksa zonasi dari lokasi rumah yang akan dijadikan tempat berusaha.

  • Dokumen legalitas harus memuat alamat kantor yang sesuai dengan zonasi yang berlaku.

  • Pastikan bahwa lokasi rumah yang akan dijadikan kantor sesuai dengan kegiatan pemanfaatan ruang.

Hubungi Sales Kami

Mendirikan kantor di rumah mungkin terdengar seperti ide yang menarik, terutama jika Anda mencari cara untuk menghemat biaya. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadikan alamat rumah sebagai kantor perusahaan. Salah satunya adalah bahwa menggunakan alamat rumah sebagai kantor terkait erat dengan domisili perusahaan. Ini artinya bahwa perusahaan harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di wilayah tersebut seperti Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menjadikan alamat rumah sebagai kantor perusahaan, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memahami aturan-aturan khusus yang berlaku di wilayah tersebut.

Perhatikan RDTR dan Peraturan Zonasi Lokasi Kantor

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) merupakan rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten/kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi kabupaten/kota. RTDR dan Peraturan Zonasi diatur oleh Pemerintah Daerah di mana lokasi kantor kamu berada.

Manfaat adanya pengaturan RDTR dan Peraturan Zonasi di antaranya adalah menjaga kualitas ruang dengan pengendalian pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan zona dan sub zona peruntukan. Untuk itu wilayah pada suatu kabupaten/kota dibagi menjadi beberapa zonasi yaitu zona jalur hijau; zona perumahan kampung; zona perkantoran, perdagangan, dan jasa; zona pelayanan umum dan sosial; dan zona yang lain. Diharapkan, tidak akan ada lagi usaha yang memiliki risiko tinggi terhadap lingkungan namun lokasinya berada di tengah pemukiman.

Dari pembagian zonasi tersebut dapat kita lihat bahwa tidak semua wilayah dapat dijadikan domisili perusahaan meskipun lokasinya berada di sebuah ruko atau bahkan di gedung perkantoran. Oleh karena itu, sebelum mendirikan perusahaan diharapkan pelaku usaha mengecek zonasi dari lokasi rumah yang akan dijadikan tempat berusaha terlebih dahulu.

Pemeriksaan zonasi perlu dilakukan karena domisili perusahaan yang kamu pilih akan tercantum di dokumen legalitas perusahaan mulai dari akta pendirian, NPWP perusahaan, NIB, sampai dengan Perizinan Berusaha. Apabila ternyata zonasinya tidak seusai dengan peruntukkannya, berdasarkan pengalaman Easybiz, izin usaha yang perusahaanmu ajukan tidak akan diterbitkan oleh otoritas yang berwenang. Atau, kalaupun izin usahanya terbit bisa jadi akan dibatalkan di kemudian hari karena tidak sesuai dengan ketentuan.

Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang

Pemilihan domisili perusahaan yang sesuai RDTR dan Peraturan Zonasi semakin penting sejak UU Cipta Kerja mulai diberlakukan. Melalui aturan tersebut kita mengenal adanya Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) yaitu kesesuaian antara rencana lokasi kegiatan dan/atau usahanya dengan RDTR, di mana KKPR merupakan salah satu bagian dari proses pengajuan perizinan berusaha melalui sistem OSS RBA.

Selain itu, pentingnya KKPR ditegaskan lagi di Pasal 4 PP No.5/2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang menyebukan untuk memulai dan melakukan kegiatan usaha, Pelaku Usaha wajib memenuhi Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha dan/atau Perizinan Berusaha berbasis risiko. Selanjutnya disebutkan di Pasal 5 peraturan yang sama bahwa Perizinan Berusaha meliputi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR), persetujuan lingkungan, dan persetujuan bangunan gedung dan sertifikat laik fungsi.

Penggunaan Virtual Office sebagai Alamat Kantor Perusahaan

Jika alamat rumahmu tidak bisa digunakan sebagai alamat domisili perusahaan, kamu harus segera mencari alternatif lokasi usaha lainnya yang bisa disesuaikan dengan budget yang sudah direncanakan. Mulai dari menyewa unit kantor di Gedung atau menyewa ruko, hingga menyewa Virtual Office.

Virtual office adalah sarana penyewaan kantor nonfisik yang diperuntukkan mereka yang memiliki jenis bisnis yang bisa dilakukan dari mana saja. Fasilitas yang bisa didapatkan pelaku usaha ketika menyewa virtual office antara lain: 

  • Adanya alamat kantor perusahaan yang bisa dijadikan surat menyurat resmi 

  • Adanya akses nomor telepon bisnis 

  • Fasilitas konferensi video 

  • Fasilitas diskon saat memakai ruang pertemuan professional

Selain menjadi solusi bagi pelaku usaha yang ingin berkantor di rumah namun terkendala peraturan zonasi, virtual office juga bisa digunakan bagi kamu yang menginginkan alamat kantor perusahaan yang profesional prestisius. Untuk itu, Hubungi Easybiz untuk layanan pendirian perusahaan di wilayah DKI Jakarta dan seluruh Indonesia. Kami memiliki layanan penyewaan Virtual Office dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap yang bisa digunakan untuk syarat lokasi usaha untuk perusahaanmu.

Rekomendasi:

Kami memiliki layanan penyewaan Virtual Office dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap yang bisa digunakan untuk syarat lokasi usaha untuk perusahaanmu. Dan perseroanmu akan siap dalam waktu 2 hari kerja dengan paket PT Express Easybiz

Pelajari SelengkapnyaLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 3000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Perizinan Berusaha
Cara Mendirikan Perusahaan Startup di Indonesia

Perusahaan startup adalah usaha atau bisnis yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan ide-ide baru atau produk inovatif. Di Indonesia, startup telah menjadi semakin populer seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Banyak investor dan pengusaha yang berinvestasi dalam startup di Indonesia karena mereka menyadari peluang yang diberikan oleh startup untuk menghasilkan uang.

28 December 20223 Menit

Perizinan Berusaha

Peraturan Gubernur terbaru tentang RDTR mengizinkan kegiatan usaha berlokasi di kawasan perumahan dengan syarat tertentu. Yuk simak apa saja!

19 December 20223 menit

Perizinan Berusaha

apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menyewa atau membeli ruko di Jakarta. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda dalam memilih ruko Jakarta, baik untuk disewa maupun dibeli:

21 January 20184 menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2024 Easybiz | All Rights Reserved