Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Sering Menghambat Proses Pendirian Perusahaan, Begini Cara Mengecek Status KSWP Wajib Pajak
Badan Usaha

Sering Menghambat Proses Pendirian Perusahaan, Begini Cara Mengecek Status KSWP Wajib Pajak

Published on 06 April 2022 Bacaan 3 Manit
by Toha

Program KSWP dijalankan sebagai upaya dari Pemerintah untuk mendongkrak angka kepatuhan Wajib Pajak. Dari kegiatan KSWP, sebuah Instansi Pemerintah dapat mengetahui apakah status Wajib Pajak tersebut “valid atau “tidak valid”.

Ringkasan:

KSWP (Konfirmasi Status Wajib Pajak) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status Wajib Pajak. Sejak berlakunya Online Single Submission (OSS), sistem perizinan usaha di Indonesia telah saling mengintegrasikan data yang ada di Kementerian/Lembaga terkait. Salah satunya adalah data mengenai KSWP. Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan pendirian perusahaan, pastikan status KSWP para pendiri atau penanggung jawab dinyatakan valid. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Lihat Layanan Pendirian PT

KSWP (Konfirmasi Status Wajib Pajak) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status Wajib Pajak. Program KSWP dijalankan sebagai upaya dari Pemerintah untuk mendongkrak angka kepatuhan Wajib Pajak. Dari kegiatan KSWP, sebuah Instansi Pemerintah dapat mengetahui apakah status Wajib Pajak tersebut “valid atau “tidak valid”.

Status valid diperoleh apabila Wajib Pajak memenuhi ketentuan:

  • nama Wajib Pajak dan NPWP sesuai dengan data dalam sistem informasi Direktorat Jenderal Pajak

  • telah menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan untuk 2 (dua) Tahun Pajak terakhir

Jika keterangan yang didapatkan setelah melakukan KSWP memuat status valid, maka Instansi Pemerintah dapat memberikan layanan publik yang dimaksud. Sehingga, wajib pajak yang mendapatkan status tidak valid setelah dilakukan KSWP tidak akan diberikan layanan publik tertentu oleh Instansi Pemerintah tersebut.

Nah, sejak berlakunya perizinan terintegrasi berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan Online Single Submission (OSS), sistem perizinan usaha di Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Investasi/BKPM telah saling mengintegrasikan data yang ada di Kementerian/Lembaga terkait. Salah satunya adalah data mengenai Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang ada pada database Direktorat Jenderal Pajak.

Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan pendirian perusahaan, pastikan status KSWP para pendiri atau penanggung jawab dinyatakan valid. Hal ini sangat krusial karena setelah proses pendirian perusahaan selesai, kamu harus melanjutkannya ke sistem OSS untuk mendapatkan perizinan berusaha. Dengan menyandang status tidak valid, dapat dipastikan kamu tidak bisa melanjutkan proses pengajuan perizinan berusaha di sistem OSS.

Bayangkan ketika kamu dikejar waktu untuk dapat segera mendirikan perusahaan dan mendapatkan perizinan berusaha, tapi terhalang karena status KSWPnya tidak valid. Hubungi Easybiz untuk proses pendirian PT paling cepat dan express selesai maksimal dalam 2 hari kerja.

Untuk memitigasi risiko tersebut sehingga proses pendirian perusahaan tidak terhambat di tengah jalan, kamu dapat mengecek status KSWP masing-masing pendiri atau penanggung jawab melalui portal djponline.

Setelah mengakses portal di atas, kamu dapat menginput NPWP, password, dan kode keamanan pada laman login. Ketika sudah berhasil masuk ke dalam sistem, kamu lanjutkan dengan memilih menu “Layanan”. Nantinya di sana akan muncul kolom “Info KSWP” yang di dalamnya menampilkan juga data profil wajib pajak seperti nama, nomor NPWP, dan alamat wajib pajak.

Namun adakalanya kolom “Info KSWP” tidak muncul pada akun wajib pajak. Jika demikian, kamu dapat masuk pada menu “Profil” lalu pilih “Aktivasi Fitur Layanan” agar kamu dapat mencentang “Info KSWP”  dan klik “Ubah Fitur Layanan” di sana. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk login dari awal kembali dan mengikuti langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Sesudah memastikan data profil wajib pajak yang ada di dalam kolom “Info KSWP” telah sesuai, maka kamu dapat melanjutkannya dengan klik kolom “Profil Pemenuhan Kewajiban Saya” dan pilih “Konfirmasi Status Wajib Pajak”. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan kode keamanan yang tertera di sana sebelum lanjut untuk klik “submit”. Setelah itu, kamu tinggal menunggu hasil dari pengecekan status KSWP apakah valid atau tidak valid.

Jika status KSWP yang muncul adalah valid, kamu dapat melanjutkan rencana pendirian perusahaan dan perizinan berusahanya tanpa khawatir mandeg di tengah jalan. Namun bagi wajib pajak yang mendapatkan status KSWP tidak valid, mereka dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan Keterangan Status Wajib Pajak ke KPP setempat dengan melampirkan Keterangan Status Wajib Pajak yang memuat status tidak valid.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Layanan Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Catat! Ini 8 Dokumen Pendirian PT yang Wajib Disiapkan

Perseroan Terbatas ("PT") memperoleh status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ("Menkumham") dan mendapatkan bukti pendaftaran.

22 August 2021Bacaan 3 Menit

Pajak Perusahaan

Pajak perusahaan bulanan wajib dibayarkan agar usaha yang kamu jalankan semakin melejit dan makin kredibel di mata klien atau pelanggan.

22 October 2019Bacaan 5 Menit

Pajak Perusahaan

Sebagai badan hukum yang digunakan untuk mencapai tujuan di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yayasan, yang cenderung bersifat non-profit, ternyata tetap dikenakan kewajiban pajak.

08 October 2020Bacaan 4 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved