Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Tanya Jawab Tentang IUMK
Perizinan Berusaha

Tanya Jawab Tentang IUMK

Published on 20 December 2020 3 menit
by Toha

IUMK merupakan dokumen legalitas yang diberikan pemerintah bagi pelaku usaha mikro dan kecil. Untuk mendapatkannya, kamu dapat mengajukannya secara elektronik melalui Online Single Submission (OSS). Oleh karena itu, agar kamu mengenal lebih jauh dokumen legalitas ini, kami menyusun ringkasan informasi seputar IUMK.

Ringkasan:
Hubungi Sales Kami

Kegiatan usaha apa yang izin usahanya adalah IUMK? Meskipun tidak diatur secara spesifik batasan kegiatan usaha apa saja yang dapat menggunakan IUMK, akan tetapi terdapat batasan mengenai pihak yang dapat menjadi pemohon IUMK. Kriteria pemohon IUMK di antaranya bentuk usahanya adalah perseorangan, modal maksimal Rp 50 juta bagi usaha mikro sedangkan modal usaha kecil adalah lebih dari Rp 50 juta – Rp 500 juta atau penjualan tahunan maksimal Rp 300 juta bagi usaha mikro sedangkan penjualan tahunan usaha kecil adalah lebih dari Rp 300 juta – Rp 2,5 M. Pastikan kamu memenuhi kriteria ini.

Bagaimana saya bisa mengetahui izin usaha yang diperlukan untuk bisnis saya adalah IUMK? Untuk mengetahuinya, kamu dapat membandingkan persyaratan umum yang berkaitan dengan bentuk usaha dan ketentuan modal pada kegiatan usaha yang dijalankan dengan kriteria pemohon IUMK. Jika persyaratan umumnya tidak sesuai dengan salah satu kriteria pemohon IUMK, maka kegiatan usaha tersebut tidak dapat menggunakan IUMK. *(Contoh: 1) Jika sebuah kegiatan usaha mewajibkan bentuk usahanya adalah non-perseorangan (misalnya CV atau PT), maka kamu tidak dapat menggunakan IUMK sebagai izin usaha. 2) Jika sebuah kegiatan usaha menyaratkan modal minimalnya adalah Rp 501 juta, maka kamu tidak dapat menggunakan IUMK sebagai izin usaha.)

Apa saja syarat untuk bisa mendapatkan IUMK? Proses pendaftaran IUMK yang kami lakukan adalah melalui sistem Online Single Submission (OSS) versi 1.1 yang dikelola oleh BKPM. Saat ini persyaratan pengajuan IUMK semakin mudah dan sederhana. Yang paling utama tentu kamu harus memiliki usaha dan memenuhi persyaratan untuk bisa mendapatkan IUMK baik dari bentuk usaha maupun permodalan.

Apakah permohonan IUMK yang saya ajukan pasti berhasil? Sepanjang kamu memenuhi persyaratan, mengisi informasi yang diminta sistem OSS, dan tidak ada gangguan atau kendala di sistem OSS maka proses untuk mendapatkan IUMK melalui OSS biasanya berhasil.

Dokumen legalitas apa saja yang akan saya dapatkan? Kamu akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Proses apa yang dilakukan oleh Easybiz agar saya bisa mendapatkan IUMK? Di tahap awal kamu mengisi beberapa informasi mengenai identitas diri dan usaha. Setelah melakukan pembayaran, kami akan menghubungi kamu untuk mendapatkan beberapa informasi tambahan seperti kegiatan usaha. Apabila informasinya sudah lengkap dan sesuai kami akan melanjutkan dengan proses di OSS 1.1 sampai selesai.

Apakah proses pembayaran yang kami lakukan aman? Keamanan proses pembayaran terjamin karena menggunakan sistem yang dikelola oleh Xendit. Xendit adalah perusahaan yang menyediakan solusi pembayaran yang aman dan sederhana untuk usaha kecil, menengah, besar, dan termasuk usaha rintisan (startup).

Apakah saya harus memiliki alamat email untuk bisa mendapatkan IUMK? Karena seluruh proses dilakukan secara online, untuk bisa mendapatkan NIB dan IUMK melalui proses di OSS kamu wajib memiliki email.

Apa saja yang menyebabkan permohonan izin IUMK saya ditolak? Sepanjang proses pengisian informasi sesuai dengan persyaratan dan ketentuan, terutama bentuk usaha dan modal usaha yang sesuai dengan kriteria usaha mikro dan kecil maka biasanya proses pengajuan akan berhasil dan OSS akan menerbitkan NIB dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Apakah untuk mendapatkan IUMK memerlukan survey? Proses pendaftaran IUMK yang kami jalankan adalah proses melalui sistem OSS 1.1. Tidak ada persyaratan survey di proses tersebut.

Usaha saya ada di Sumbawa apakah bisa mendapatkan NIB dan IUMK melalui proses ini? Proses yang Easybiz lakukan untuk mendapatkan NIB dan IUMK adalah melalui OSS 1.1 dan sepanjang kamu memiliki akses ke internet dan izin usaha untuk bisnis kamu adalah IUMK maka bisa mengajukan dari wilayah manapun di seluruh Indonesia.

Apakah proses yang dilakukan Easybiz sama dengan proses yang disediakan pemerintah melalui OSS 1.1? Proses yang Easybiz lakukan untuk mendapatkan NIB dan IUMK adalah melalui OSS 1.1. Siapapun bisa mengakses OSS 1.1. Namun kami telah mengembangkan sebuah sistem untuk membantu kamu agar proses pengajuan IUMK menjadi lebih mudah.

Apakah IUMK ada masa berlakunya? IUMK berlaku selama kamu menjalankan usaha dan/atau kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Apakah IUMK bisa untuk mengajukan kredit atau pinjaman di Bank? Tergantung dari kebijakan tiap-tiap bank. Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu syarat pengajuan kredit atau pinjaman di bank yang bersangkutan.

Apakah kegiatan usaha memerlukan izin tambahan lain selain IUMK? Untuk kegiatan usaha tertentu masing-masing daerah mungkin memiliki izin tambahan selain IUMK. Kamu sebaiknya mengecek ke Pemerintah Daerah setempat untuk memastikan perizinan lain yang dibutuhkan. Khusus untuk kegiatan usaha yang berhubungan dengan kriteria kesehatan, moral, kebudayaan, lingkungan hidup, dan/atau pertahanan dan keamanan nasional harus memenuhi persyaratan/komitmen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagaimana saya mengetahui bahwa IUMK saya adalah asli dan valid? Setiap dokumen izin usaha yang diterbitkan oleh OSS dilengkapi dengan QR Code yang dapat digunakan untuk mengecek keaslian dan validitas. QR Code berisi data kegiatan usaha yang lebih rinci dan dapat dicetak.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan IUMK? Proses pengerjaan IUMK di Easybiz hanya membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja dan tergantung seberapa cepat kamu bisa menyediakan persyaratan dan informasi yang dibutuhkan dan tentu sepanjang sistem OSS 1.1 tidak mengalami gangguan.

Apakah Easybiz adalah lembaga resmi untuk mengurus perizinan IUMK? Easybiz adalah anak perusahaan HukumOnline.com yang membantu proses pendirian perusahaan dan perizinan usaha. Kami hanya membantu proses untuk mendapatkan IUMK menjadi lebih mudah agar kamu bisa fokus untuk menjalankan bisnis.

Kalau proses di Easybiz untuk IUMK tidak berhasil, apa konsekuensinya? Bila memang ada kendala yang tidak bisa diatasi, maka kami akan mengembalikan 100% biaya yang telah dibayarkan.

Apakah proses di Easybiz untuk mendapatkan IUMK pasti berhasil? Berdasarkan pengalaman kami membantu pengurusan pendaftaran IUMK, sepanjang memenuhi persyaratan lengkap dan mengisi informasi yang diminta maka proses akan berhasil.

Rekomendasi:

Kembangkan Bisnis Kamu dengan Izin Usaha Mikro Kecil dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Cukup dengan KTP, NPWP yang masih berlaku, diproses hanya 3 hari kerja dan dalam 3 tahapan mudah: isi, bayar, lengkapi. Hanya Easybiz yang bisa begini

Pelajari Lebih LanjutLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Perizinan Berusaha
Memilih Badan Usaha Yang Paling Cocok Untuk Startup Kuliner

Kita sering mendengar ungkapan bahwa bisnis kuliner memang tak ada matinya. Kisah sukses dari usaha di bidang boga itu tak lekang dimakan zaman bahkan terus saja menggiurkan bahkan dari skala kecil hingga kelas raksasa.

06 August 20152 menit

Perizinan Berusaha

Sejak terbitnya PP 24/2018 kita telah mengenal platform baru, yaitu Online Single Submission (OSS) yang berfungsi sebagai satu-satunya gerbang pengajuan izin usaha. Termasuk di antaranya pengajuan IUMK. Berdasarkan PermenkopUKM 2/2019 IUMK merupakan izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

03 January 2021Bacaan 8 Menit

Badan Usaha

Merek merupakan aset penting bagi bisnis sehingga diperlukan perlindungan khusus bagi merek yang Anda miliki. Sejatinya merek, brand, dan branding adalah satu paket. Merek dan brand mengacu pada satu term yang sama. Sementara branding lebih kepada upaya membangun merek yang bisa dilihat salah satunya dari tingkat brand awareness masyarakat terhadap merek produk atau jasa Anda.

11 July 20163 menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved