Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Selain IUMK Apalagi Jenis Izin Usaha yang Dibutuhkan UKM?
Perizinan Berusaha

Selain IUMK Apalagi Jenis Izin Usaha yang Dibutuhkan UKM?

Published on 03 January 2021 Bacaan 8 Menit
by Toha

Sejak terbitnya PP 24/2018 kita telah mengenal platform baru, yaitu Online Single Submission (OSS) yang berfungsi sebagai satu-satunya gerbang pengajuan izin usaha. Termasuk di antaranya pengajuan IUMK. Berdasarkan PermenkopUKM 2/2019 IUMK merupakan izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

Ringkasan:

IUMK bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil dalam mengembangkan usahanya. Pihak yang berhak mengajukan IUMK adalah pelaku usaha perseorangan dengan skala Usaha Mikro atau Usaha Kecil. Dengan begitu, meski bisnismu masuk dalam kriteria Usaha Kecil akan tetapi dikelola melalui badan usaha, maka izin usaha yang dibutuhkan bukan IUMK. Sehingga bisnis dengan skala UKM belum tentu izin usaha yang dapat diajukan hanya IUMK. Untuk pengurusan izin usaha mikro dan kecil Anda bisa menggunakan layanan Perizinan UMK. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔Nomor Induk Berusaha (NIB)

  • ✔ Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Hubungi Sales Kami

Jenis izin usaha perlu diketahui untuk memperlancar kegiatan berusaha. Bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah misalnya, sebelum mulai menjalankan usaha tentunya perlu tahu izin usaha apa saja yang perlu diurus.

Mengantongi perizinan berusaha dapat memberikan kemudahan bagi pelaku usaha, termasuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Izin usaha ini memiliki fungsi mendasar yang bermanfaat saat akan menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, atau saat membutuhkan tambahan modal. Dengan mendapatkan izin usaha, UKM juga terhindar dari ancaman sanksi yang berisiko merugikan bisnis, baik dari segi ongkos reputasi maupun target yang harus dicapai.

Tak perlu khawatir, karena saat ini pemerintah telah banyak melakukan terobosan dengan memperbaiki peraturan izin usaha, terutama perizinan UKM menjadi lebih mudah. Kemudahan ini diharapkan dapat membantu aktivitas bisnis UKM agar berjalan lancar dan bisa berkembang.

Seperti halnya jenis usaha lain yang memiliki jenis izin usaha masing-masing, izin usaha untuk mendirikan UKM juga beragam pola norma, syarat, prosedur dan kriteria yang harus dipenuhi. Dan mungkin saja tidak hanya satu izin yang harus diurus, melainkan beberapa jenis izin usaha untuk memperlancar kegiatan bisnis di masa depan nanti.

Sejak terbitnya PP 24/2018, pemerintah telah membuat platform baru, Online Single Submission (OSS) yang berfungsi sebagai satu-satunya gerbang pengajuan izin usaha. Hal ini tentu memberikan keuntungan sekaligus angin segar bagi pelaku usaha, karena dapat menghemat waktu dalam pengurusan perizinan usaha sehingga izin usaha bisa segera diperoleh. OSS terhubung dengan berbagai platform lainnya, sehingga data juga dapat dengan mudah diperoleh dalam hitungan waktu yang lebih singkat.

Ketahui apa itu Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis izin usaha yang dibutuhkan UKM, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu UKM.

Menurut UU 20/2008, Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan, atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan, atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar, yang memenuhi kriteria Usaha Kecil, sebagaimana dimaksud dalam UU 20/2008.

Sedangkan Usaha Menengah adalah ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam UU 20/2008.

Lebih lanjut, kriteria UKM juga ditentukan berdasarkan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunannya, sebagai berikut:

  • Usaha Kecil 

Usaha Kecil ditentukan berdasarkan kepemilikan modal lebih dari 50 juta rupiah sampai dengan maksimal 500 juta rupiah, atau hasil penjualan tahunan lebih dari 300 juta rupiah sampai dengan maksimal 2,5 miliar rupiah

  • Usaha Menengah

Usaha Menengah ditentukan berdasarkan kepemilikan modal lebih dari 500 juta rupiah sampai dengan maksimal sepuluh miliar rupiah, atau hasil penjualan tahunan lebih dari 2,5 miliar rupiah sampai dengan 50 miliar rupiah.

Saat ini, setelah disahkannya UU Cipta Kerja, kriteria UMKM secara keseluruhan telah mengalami perubahan. Aturan sesuai UU Cipta Kerja memperluas kriteria UMKM berdasarkan modal usaha, omzet, indikator kekayaan bersih, hasil penjualan tahunan atau nilai investasi, insentif, dan disinsentif, penerapan teknologi ramah lingkungan, kandungan lokal, atau jumlah tenaga kerja sesuai dengan kriteria setiap sektor usaha.

Apa itu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan Manfaatnya 

Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) merupakan tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk naskah satu lembar. IUMK  diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan menjadi sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.

Berdasarkan PermenkopUKM 2/2019, IUMK merupakan izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil. IUMK ditujukan untuk memberikan kepastian hukum dan sebagai sarana pemberdayaan bagi pelaku Usaha Mikro dan Usaha kecil selama menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Perizinan melalui OSS memberikan kemudahan bagi pelaku UKM dan UMKM dalam melakukan perizinan, karena OSS merupakan sistem daring atau online yang bisa diakses dari mana saja. Pengurusan perizinan pun menjadi lebih mudah, praktis dan hemat waktu dan biaya. Sistemnya juga sudah terintegrasi dengan instansi lain sehingga saat Anda membutuhkan perizinan terpusat maka tidak lagi perlu mengunjungi banyak instansi hanya untuk mengurus perizinan saja.

Sebelumnya, perlu dicatat bahwa IUMK adalah izin usaha yang ditujukan oleh pelaku usaha perseorangan dengan skala Usaha Mikro dan Usaha Kecil, oleh karena itu apabila kriteria usaha Anda tidak termasuk Usaha Mikro atau Usaha Kecil, maka izin usaha yang dibutuhkan bukanlah IUMK.

IUMK menjadi sebuah opsi perizinan berdasarkan PermenkopUKM No 2 Tahun 2019 dengan tujuan memberikan kepastian status hukum kepada para pelaku usaha mikro dan kecil. Yang artinya dengan memiliki NIB yang didaftarkan melalui OSS, secara tidak langsung Anda sudah mendapatkan IUMK yang bisa diunduh sekaligus di halaman OSS.

Adapun cara pendaftaran untuk mendapatkan NIB adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan data yang dibutuhkan seperti KTP, surat keterangan berusaha dari RT, NPWP pribadi atau usaha kemudian buat akun di laman OSS 

  2. Pilih menu DAFTAR/MASUK yang terdapat pada bagian atas halaman

  3. Setelah muncul halaman login, silakan cari tulisan DAFTAR dan klik tulisan tersebut

  4. Pilih skala UMK lalu pilih Orang Perseorangan pada Jenis Pelaku Usaha

  5. Isikan semua data yang diminta pada kolom pendaftaran tersebut. Data mencakup kartu identitas, NIK, negara, tanggal lahir, nomor HP dan email. Setelah itu tulis Kode Captcha sesuai tulisan yang ada. Centang pula kotak "menerima syarat dan ketentuan sistem OSS". Setelah itu klik SUBMIT.

  6. Setelah muncul menu AKTIVASI, klik tombol AKTIVASI dan tunggu sampai registrasi selesai.

  7. Buka alamat email yang didaftarkan sebelumnya dan cek kotak masuk untuk melihat pesan Aktivasi dari sistem OSS. Pesan tersebut akan berisi username dan password untuk login di OSS.

  8. Kembali masuk ke halaman OSS (https://oss.go.id/) dan pilih menu DAFTAR/MASUK yang terdapat pada bagian atas halaman

  9. Pada halaman login, masukkan username dan password serta isikan Kode Captcha. Setelah itu klik tombol LOGIN.

  10. Setelah halaman masuk ke halaman beranda OSS, klik menu PERIZINAN BERUSAHA, pilih PERMOHONAN BARU

  11. Setelah itu lengkapi DATA BIDANG USAHA, DATA DETAIL BADAN USAHA dan DATA PRODUK/JASA

  12. Setelah data terisi semua, klik SIMPAN DAN LANJUTKAN

  13. Kembali ke BERANDA dan klik menu NIB, sahabat UKM sekarang bisa mencetak NIB dari bisnis yang telah ada pada daftar tersebut.

Jenis Izin Usaha Selain IUMK yang Dibutuhkan Pelaku Usaha UKM

Selain NIB dan IUMK, Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mewajibkan pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengurus izin usaha lain. 

Izin edar

Salah satu izin usaha yang diperlukan adalah izin usaha berdasarkan risiko produk yang didaftarkannya, yang dibutuhkan untuk mengurus izin peredaran produk. Adapun risiko produk dikategorikan menjadi empat, yaitu: risiko rendah, menengah rendah, menengah sedang dan tinggi. Risiko produk ini dikategorikan dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI), nomor inilah yang kemudian menentukan tingkat risiko produk Anda dan menunjukkan legalitas apa saja yang perlu diurus.

Pada produk risiko rendah, pelaku UKM hanya perlu memiliki NIB sebagai bentuk legalitas.

Pada produk risiko menengah rendah, sedang hingga risiko tinggi, selain NIB dan IUMK juga diperlukan izin edar sebagai persyaratan untuk memasukkan produk ke sebuah pasar modern. Izin edar saat ini dibagi menjadi dua, yaitu Produk Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dari pemerintah kota/ kabupaten dan juga MD/ML dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

P-IRT adalah izin edar yang dikeluarkan untuk pelaku industri rumahan, di mana produk diproduksi di rumah pelaku UKM. P-IRT hanya berlaku di kota atau kabupaten tempat tinggal. Sedangkan izin MD/ML adalah izin edar yang diberikan kepada pelaku usaha yang telah memiliki lokasi usaha sendiri, yang terpisah dari rumah tempat tinggal. Izin MD/ML bersifat nasional, sehingga memungkinkan pelaku usaha menjual di daerah lain di Indonesia.

Izin Lokasi

Izin lokasi adalah izin yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memperoleh tanah yang diperlukan sebagai kegiatan usahanya, dan berlaku pula sebagai izin pemindahan hak dan untuk menggunakan tanah tersebut untuk kegiatan usaha 

Izin Komersial 

Izin Komersial atau Operasional adalah izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota setelah Pelaku Usaha mendapatkan Izin Usaha dan untuk melakukan kegiatan komersial atau operasional dengan memenuhi persyaratan dan/atau Komitmen.

  • Sertifikat Halal yang dapat diurus melalui laman Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)

  • Standar Nasional Indonesia yang dapat diurus melalui Badan Sertifikasi Nasional (BSN)

Itulah tadi jenis izin usaha yang dibutuhkan UKM untuk menjalankan kegiatan bisnis dan usahanya. Pelajari terlebih dahulu persyaratan dan prosedur pengajuan masing-masing jenis izin usaha sebelum melakukan pengurusan, dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan data di masing-masing dokumen.

Rekomendasi:

Untuk pengurusan izin usaha mikro dan kecil Anda bisa menggunakan layanan Perizinan UMK. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔Nomor Induk Berusaha (NIB)

  • ✔ Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat PT Perorangan atau PT untuk UMK

Membuat PT Perorangan bisa menjadi opsi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mewadahi bisnisnya. Pendirian PT Perorangan atau PT untuk usaha mikro dan kecil memiliki prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan PT biasa.

09 May 2021Bacaan 10 Menit

Badan Usaha

Modal merupakan aspek paling krusial dalam memulai usaha, terlebih bagi mereka yang baru merintis usaha dengan skala mikro dan kecil. Maka, melalui artikel ini kami akan membahas mengenai ketentuan modal pendirian perseroan terbatas (“PT”) khusus untuk usaha mikro dan kecil.

30 March 2021Bacaan 5 Menit

Badan Usaha

PT Perorangan merupakan salah satu jenis PT yang dapat dijadikan kendaraan bagi kegiatan bisnis yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil.

07 March 2021Bacaan 7 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved