Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > 4 Penyebab Hapusnya Limited Liability Pemegang Saham Perseroan
Badan Usaha

4 Penyebab Hapusnya Limited Liability Pemegang Saham Perseroan

Published on 08 March 2021 3 menit
by Toha

Limited liability atau tanggung jawab terbatas pemegang saham persero telah ikut diatur dalam UU PT Nomor 40 Tahun 2007. Tanggung jawab terbatas tersebut bisa hapus karena adanya beberapa penyebab tertentu.

Ringkasan:

Adapun penyebab tanggung jawab terbatashilang, yaitu:

  1. Persyaratan PT sebagai badan hukum belum atau tidak terpenuhi

  2. Pemegang saham baik langsung maupun tidak langsung beriktikad buruk memanfaatkan PT untuk kepentingan pribadi

  3. Pemegang saham terlibat dalam perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT

  4. Pemegang saham baik langsung maupun tidak langsung secara melawan hukum menggunakan kekayaan PT dan berakibat kekayaan PT jadi tidak cukup untuk melunasi utang

Hubungi Sales Kami

Limited liability atau tanggung jawab terbatas pemegang saham persero telah ikut diatur dalam UU PT Nomor 40 Tahun 2007. Tanggung jawab terbatas tersebut bisa hapus karena adanya beberapa penyebab tertentu.

Perseroan Terbatas adalah sebuah badan hukum yang melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbagi menjadi beberapa klasifikasi saham. Proses pendirian perseroan didasarkan pada perjanjian dan persyaratan yang harus dipenuhi dan telah ditetapkan dalam undang-undang.

Sesuai dengan karakteristiknya, Perseroan Terbatas digambarkan sebagai kumpulan modal di mana kekayaan dan utang Perseroan terpisah dari kekayaan dan utang pemegang saham. Di dalam Perseroan, pemegang saham atau disebut juga shareholder, memiliki tanggung jawab tidak terbatas. Seperti apakah tanggung jawab tidak terbatas (limited liability)? Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Tentang limited liability pemegang saham

Seperti diketahui, tanggung jawab terbatas shareholder artinya pemegang saham perseroan hanya sebatas setoran atas seluruh saham yang dimiliki dan tidak termasuk harta kekayaan pribadi, yang mana ini adalah salah satu keuntungan pemegang saham. Limited liability telah digambarkan dengan baik dalam buku yang berjudul Hukum Perseroan Terbatas oleh Yahya Harahap, di mana setiap pemegang saham (shareholder) memiliki tanggung jawab terbatas, antara lain sebagai berikut:

  • Pemegang saham Perseroan tidak bertanggung jawab secara pribadi atas perikatan yang dibuat atas nama Perseroan maupun atas kerugian yang dialami Perseroan;

  • Risiko yang ditanggung pemegang saham hanya sebesar investasinya, atau tidak melebihi saham yang dimilikinya pada Perseroan;

  • Prinsipnya, pemegang saham tidak bertanggung jawab secara pribadi secara individual atas utang Perseroan

Ketentuan tentang tanggung jawab terbatas (limited liability) para pemegang saham (shareholder) juga diperjelas dalam Pasal 3 ayat (1), Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) yang berbunyi sebagaimana berikut:

“Pemegang saham Perseroan tidak bertanggung jawab secara pribadi atas perikatan yang dibuat atas nama Perseroan dan tidak bertanggung jawab atas kerugian Perseroan melebihi saham yang dimiliki.”

Artinya, UUPT Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas telah menegaskan bahwa pertanggungjawaban pemegang saham Perseroan terbatas hanya sebesar setoran saham yang dimilikinya saja, tidak termasuk harta kekayaan pribadinya. Tanggung jawab pemegang saham terbatas dibakukan dalam istilah tanggung jawab terbatas.

2. Penyebab hapusnya tanggung jawab terbatas pemegang saham (shareholder)

Pada kondisi tertentu, tidak tertutup kemungkinan hapusnya tanggung jawab terbatas pemegang saham yang disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Persyaratan Perseroan sebagai badan hukum belum atau tidak terpenuhi

Seharusnya sebelum menentukan klasifikasi saham dan membagi saham pada pemegang saham, Perseroan terlebih dahulu harus memperoleh status pengesahan sebagai badan hukum. Apabila ini tidak dilakukan, maka setiap perbuatan hukum akan menjadi tanggung jawab pendiri bersama dengan anggota dewan komisaris termasuk pemegang saham dan tidak mengikat Perseroan.

2. Pemegang saham yang bersangkutan baik langsung maupun tidak langsung dengan itikad buruk memanfaatkan Perseroan untuk kepentingan pribadi

Tanggung jawab terbatas bisa hilang apabila pemegang saham dominan atau berkuasa mengatur Perseroan dengan cara yang tidak wajar dan didasari itikad buruk, seperti misalnya menipu kreditor, kapital tipis, perampokan, mengakali peraturan perundang-undangan atau menghindari kewajiban yang ada.

3. Pemegang saham yang bersangkutan terlibat dalam perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Perseroan

Bila pemegang saham melakukan perbuatan melawan hukum terkait Perseroan dan membawa kerugian pihak lain, maka pemegang saham harus bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian tersebut.

4. Pemegang saham yang bersangkutan baik secara langsung maupun tidak langsung melawan hukum menggunakan kekayaan Perseroan, yang mengakibatkan kekayaan Perseroan menjadi tidak cukup untuk melunasi utang Perseroan

Salah satu contoh kasus hapusnya limited liability shareholder adalah apabila terjadi perampokan harta kekayaan Perseroan demi kepentingan pribadi yang dilatarbelakangi unsur itikad buruk, serta menyebabkan Perseroan tidak dapat melunasi utang Perseroan. Dalam kasus ini, pemegang saham harus bertanggung jawab penuh berdasarkan koridor hukum yang ada.

Selain itu berkaitan dengan masalah likuidasi, menurut Pasal 150 ayat (5) UUPT, pemegang saham harus bertanggung jawab mengembalikan sisa kekayaan hasil likuidasi sesuai dengan jumlah yang diterima terhadap tagihan. Kewajiban ini harus dipenuhi apabila dalam hal sisa kekayaan hasil likuidasi telah dibagikan kepada pemegang saham dan terdapat tagihan kreditor yang belum mengajukan tagihannya.

Rekomendasi:

Dan keuntungan-keuntungan di atas bisa kamu dapatkan dalam 2-5 hari menggunakan Layanan Pendirian PT Paket Express ⚡di Easybiz. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Pelajari Lebih LanjutLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
9 Keuntungan Mendirikan PT Untuk Bisnis Anda

Kelebihan PT perlu diketahui setiap pebisnis pemula agar dapat menentukan jenis bisnis apa yang menguntungkan untuk didirikan.

11 July 20153 menit

Perizinan Berusaha

Pemilihan nama perusahaan tentu merupakan hal yang penting karena nama tersebut nantinya akan melekat sebagai identitas. Kamu mungkin bertanya-tanya, boleh tidak ya nama Perseroan Terbatas (“PT”) menggunakan istilah dari bahasa asing? Apalagi untuk PT yang merupakan afiliasi PT di luar negeri. Nah, kali ini kami akan membahas aspek hukumnya.

02 November 20201 menit

Badan Usaha

Baik direksi maupun dewan komisaris, keduanya merupakan organ Perseroan Terbatas (“PT”) yang memiliki fungsinya masing-masing, dan tidak bisa dirangkap satu sama lain. Lantas, apakah pemegang saham bisa merangkap jabatan sebagai anggota direksi atau anggota dewan komisaris PT?

18 April 20212 menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved