Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Bagaimana Ketentuan Modal Mendirikan CV?
Badan Usaha

Bagaimana Ketentuan Modal Mendirikan CV?

Published on 21 December 2020 3 menit
by Toha

Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (“CV”) merupakan salah satu bentuk badan usaha yang tepat untuk bisnis-bisnis tertentu, dibanding bentuk badan usaha lain. Namun, apakah ada regulasi yang secara khusus menata struktur modal saat mendirikan CV? Untuk mengetahuinya, simak tulisan kami berikut ini.

Ringkasan:

Mengenai ketentuan modal dan setor modal untuk CV, keduanya tidak ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Jadi, tidak ada syarat modal minimum dan setor modal untuk CV.

Bahkan dalam minuta akta pendirian CV juga tidak mengharuskan jumlah modal untuk dicantumkan, melainkan minimal memuat:

  1. Identitas pendiri (nama pendiri, domisili, dan pekerjaan);

  2. Kegiatan usaha;

  3. Hak dan kewajiban para pendiri; dan

  4. Jangka waktu CV.

Hubungi Sales Kami

Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (“CV”) merupakan salah satu bentuk badan usaha yang tepat untuk bisnis-bisnis tertentu, dibanding bentuk badan usaha lain. Namun, apakah ada regulasi yang secara khusus menata struktur modal saat mendirikan CV? Untuk mengetahuinya, simak tulisan kami berikut ini. Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (“KUHD”) mengartikan CV sebagai perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang, yang didirikan antara seseorang atau antara beberapa orang yang bertanggung jawab secara tanggung-renteng untuk keseluruhannya, dan satu orang atau lebih sebagai pemberi pinjaman uang.

Di sisi lain, definisi CV juga bisa kita rujuk dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 17 Tahun 2018 Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata (“Permenkumham 17/2018”) yang mendefinisikan CV sebagai persekutuan yang didirikan satu atau lebih sekutu komanditer dengan satu atau lebih sekutu komplementer, untuk menjalankan usaha secara terus menerus.

Sehingga, CV pada dasarnya terdiri dari sekutu aktif/komplementer dan sekutu pasif/komanditer. Sekutu aktif bertindak menjalankan CV, kepengurusan, dan melakukan perjanjian atau hubungan hukum dengan pihak ketiga. Sebaliknya, sekutu pasif tidak turut dalam pengurusan CV.

Perbedaan lainnya terkait pertanggungjawaban. Jika sekutu aktif bertanggung jawab sampai dengan harta pribadi, lain halnya dengan sekutu pasif yang hanya bertanggung jawab sebesar modal yang telah disetorkan saja.

Mengenai ketentuan modal dan setor modal untuk CV, keduanya tidak ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Jadi, tidak ada syarat modal minimum dan setor modal untuk CV.

Bahkan dalam minuta akta pendirian CV juga tidak mengharuskan jumlah modal untuk dicantumkan, melainkan minimal memuat:

  1. identitas pendiri (nama pendiri, domisili, dan pekerjaan);

  2. kegiatan usaha;

  3. hak dan kewajiban para pendiri; dan

  4. jangka waktu CV.

Oemar Moechthar dalam bukunya Teknik Pembuatan Akta Badan Hukum dan Badan Usaha di Indonesia menjelaskan, berbeda dengan anggaran dasar perseroan terbatas (“PT”) yang mencantumkan modal yang disetor, dalam anggaran dasar CV ketentuan modalnya tidak disebutkan. Sehingga, para sekutu CV harus membuat kesepakatan lain atau catatan terpisah yang merupakan satu kesatuan dengan anggaran dasar CV.

Masih dari buku yang sama, karakteristik istimewa dari CV dibandingkan badan usaha lain:

  • Terkait pendirian perusahaan mudah dibuat;

  • Modal diperoleh dari para anggotanya, tetapi jika sudah terlanjur dimasukkan ke dalam perusahaan, sulit untuk menarik kembali modal tersebut;

  • Terdapat 2 jenis keanggotan, yakni persero aktif dan persero pasif yang dalam aspek pertanggungjawaban memiliki kapasitas yang berbeda;

  • Jangka waktu berlangsungnya perusahaan bergantung pada kesepakatan para perseronya; serta

  • Terkait aspek kredit, apabila perusahaan mengajukan kredit, maka plafond kredit yang diberikan tidak terlalu besar, bergantung pada kemampuan modal perusahaan dan aspek lainnya yang dianalisis oleh kreditor.

Jadi, dapat disimpulkan ketentuan mengenai modal CV relatif lebih fleksibel jika dibandingkan dengan PT, karena tidak ada ketentuan jumlah modalnya. Dengan kata lain, modal didasarkan sepenuhnya pada kesepakatan pendiri CV.

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Paket pendirian CV Easybiz paling dikenal dalam hal kelengkapan dokumen legalitas

  1. Akta Pendirian

  2. Surat Keterangan Terdaftar

  3. Nomor Induk Berusaha (NIB)

  4. NPWP Perusahaan

  5. Tambahan BNRI (Wajib)

  6. Pembukaan Rekening Perusahaan

  7. Virtual Office 1 Tahun

  8. Sertifikat Standar

Pelajari Selengkapnya!Lihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Jangan Lupakan 4 Kewajiban Ini Jika Kamu Sudah Mendirikan Perusahaan

Setelah perusahaan berdiri dan memiliki izin usaha, ada sejumlah kewajiban yang harus dipenuhi. Mulai dari laporan pajak hingga laporan ke institusi pemerintah terkait dengan kriteria atau perizinan tertentu yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

24 June 20203 menit

Badan Usaha

Hampir seluruh proses tender di lingkungan pemerintah bahkan menyaratkan pesertanya harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau minimal CV, tidak cukup dengan perusahaan perorangan. Selain itu, rekam jejak dan portfolio dari PT atau CV tersebut kerap juga menjadi persyaratan. Disini kadang pebisnis yang baru mulai merasa ada kendala. Oleh karena itu mereka memilih jalan pintas untuk meminjam PT.

07 May 20184 menit

Badan Usaha

Indonesia memiliki beragam bentuk badan usaha yang bisa dipilih oleh pelaku usaha untuk menunjang bisnisnya. Mulai dari badan usaha yang tidak berbadan hukum seperti Persekutuan Perdata, Firma, CV (Persekutuan Komanditer) hingga badan usaha yang berbadan hukum seperti PT dan Koperasi. Di antara badan usaha tersebut, PT dan CV merupakan badan usaha yang paling sering dipilih para pelaku usaha.

28 November 2021Bacaan 4 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved