Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Jangkau Pasar lebih Luas dengan Go Online
Badan Usaha

Jangkau Pasar lebih Luas dengan Go Online

Published on 14 December 2021 Bacaan 4 Menit
by Tim Konten Easybiz

Jual beli online semakin marak, baik yang menggunakan platform marketplace, sosial media maupun aplikasi messaging.  Menurut proyeksi Bank Indonesia (BI) yang dilansir CNBC Indonesia, pertumbuhan transaksi e-commerce tahun ini hingga 33,2% dari tahun 2020 yang sebesar Rp 253 triliun menjadi Rp 337 triliun di tahun 2021.

Ringkasan:

Kamu harus siapkan semua hal sebelum bisnis kamu go online. Termasuk untuk menunjang kegiatan usahamu, adakalanya kamu akan membutuhkan badan usaha. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales Kami

Jual beli online semakin marak, baik yang menggunakan platform marketplace, sosial media maupun aplikasi messaging

Menurut proyeksi Bank Indonesia (BI) yang dilansir CNBC Indonesia, pertumbuhan transaksi e-commerce tahun ini hingga 33,2% dari tahun 2020 yang sebesar Rp 253 triliun menjadi Rp 337 triliun di tahun 2021.

Peluang menggiurkan bukan? Mau ikut berselancar di ombak jual beli online yang makin menjanjikan? Simak checklistnya berikut ini :

1. Pilih Platform yang Sesuai

Platform berjualan online sangat beragam. Dan masing-masing mempunyai karakteristik yang mendukung atau malah kontra produktif dengan bisnis jualan kamu. Simak ulasan berikut

Marketplace

Salah satu cara tercepat untuk berjualan online. Hanya dengan mendaftar menggunakan alamat email dan nomor ponsel, kamu bisa jualan dengan jangkauan nasional dan fitur pemesanan, pilihan pembayaran hingga pengiriman yang lengkap. 

Namun, tingkat kompetisinya sangat tinggi dan kurang cocok untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap toko atau produk kamu. 

Sosial Media

Dengan sosial media, bisnis apa pun sangat mudah dimulai. Siapkan foto dan deskripsi produk kemudian tampilkan ke news feed atau story. Sangat menguntungkan bagi kamu yang mempunyai friendlist atau follower yang banyak. Kalaupun tidak, ada fitur iklan berbayar yang dapat membantu kamu menyebarkan penawaran produkmu ke jutaan pengguna Facebook dan Instagram baik nasional maupun internasional.

Namun, karena bukan platform yang didesain untuk jual beli,  pencatatan pesanan, pengiriman hingga pembayaran harus dilakukan secara manual. 

Aplikasi Whatsapp

Aplikasi Whatsapp juga sangat mudah untuk memulai bisnis. Terlebih jika kamu menggunakan aplikasi Whatsapp Business dengan fitur-fitur yang dapat membantu kamu melayani pelanggan, seperti katalog produk, auto reply, quick chat, penentuan jam buka/tutup dan lain sebagainya. Meskipun demikian, pencatatan pesanan masih harus dilakukan secara manual.

Namun, karena tidak ada fitur beriklan yang mudah, kamu harus rajin menambahkan nomor kontak calon pelangganmu. Atau kamu harus mengintegrasikannya dengan akun Facebook atau IG untuk beriklan dan menggaet calon pelanggan.

Website

Cocok untuk kamu yang ingin serius membangun brand dan pegang kendali 100% memoles bagaimana tampilan bisnis kamu dan menjangkau pasar global. Kekurangannya, kamu membutuhkan waktu lebih panjang untuk menyiapkan segala sesuatunya.

Dari menyiapkan konsep desain, teknologi, strategi pemasaran, prosedur pemesanan hingga strategi pengiriman.  Pengetahuan tentang bagaimana mengelola web pun harus kamu miliki sebagai modal selain modal finansial.

2. Pilih Produk yang Pengirimannya Mudah dan Murah

Produk yang kamu jual menentukan bagaimana prosedur dan biaya pengirimannya. Untuk itu, pastikan pilih produk yang prosedur dan biaya pengirimannya bersahabat dengan pelanggan. Produk-produk yang mudah dan murah pengirimannya  seperti pakaian, aksesoris ponsel, buku, elektronik, makanan kering dan sejenisnya.

Namun jika produkmu adalah makanan segar, pastikan pilih penyedia jasa pengiriman yang dapat menjaga kesegaran makanan hingga ke tangan pelanggan. Tentu saja pilih juga yang harganya paling efisien.

Yang jelas, pastikan ongkir tidak menjadi penghalang calon pelanggan untuk membeli produkmu.

3. ‎Pastikan Cara Bayarnya Beragam, Cepat dan Akurat.

Cara pembayaran yang banyak dipakai di toko online adalah transfer bank. Dari sisi pelanggan cara ini sangat mudah karena pemakaian mobile banking di kalangan masyarakat sudah jamak. Hanya saja, di sisi penjual ada proses verifikasi yang harus dilakukan secara manual. Sehingga kalau bisnis kamu sudah berkembang, proses ini membutuhkan tim yang solid khusus untuk melakukan verifikasi pembayaran secara cepat dan akurat.

Cara yang lebih mudah untuk melakukan verifikasi pembayaran adalah dengan bergabung dengan platform marketplace.

Atau apabila platform yang digunakan bukan marketplace, gunakanlah jasa payment gateway. Hal ini selain memudahkan proses verifikasi juga menambah ragam pilihan cara bayar, seperti menggunakan kartu kredit, virtual account, e wallet dan lain-lain.

4. ‎Pahami Regulasinya

Apapun bisnis yang kamu jalankan secara online, pahami aturan-aturannya untuk menjamin keberlangsungannya.

Pastikan perangkat ijin usaha dan kewajiban-kewajiban yang diamanatkan oleh regulator dapat dipenuhi dengan benar.

Selain sebagai cerminan niat baik kita dalam berbisnis, pemenuhan semua kewajiban regulasi dapat menyelamatkan kita dan bisnis kita apabila ada perselisihan yang berbuntut dengan tuntutan hukum.

5. ‎Pahami Cara Kerja Tool Marketing Online 

Banyak kemudahan yang ditawarkan alat-alat marketing online saat ini. Ketika dalam tahap perencanaan, kita dapat membidik target pasar berdasarkan daerah tempat tinggal, status perkawinan, interest dan lain sebagainya. Pada saat iklan sudah dijalankan, kita dapat menghitung berapa orang yg mengklik iklan kita, berapa yang menghubungi nomor whatsapp dan lain sebagainya.

Namun semua fitur teknologi periklanan online tersebut harus dipakai dengan pengetahuan yang cukup, keberanian untuk bereksperimen dan perhitungan cermat akan biaya-biayanya. 

Namun idealnya, carilah konsultan online marketing yang dapat memberikan gambaran seberapa besar budget yang harus dialokasikan dan  perkiraan omset penjualan yang akan terdongkrak naik.

Bagaimana, siap go online dan jangkau pangsa pasar lebih luas?

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Pilah Pilih Platform Jualan Online

Perkembangan teknologi yang begitu cepat berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan, termasuk mengubah perilaku jual-beli masyarakat yang kini lebih bertumpu pada Sistem Elektronik. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini platform berjualan online sangat beragam. 

07 December 2021Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Membuat PT Perorangan bisa menjadi opsi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mewadahi bisnisnya. Pendirian PT Perorangan atau PT untuk usaha mikro dan kecil memiliki prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan PT biasa.

09 May 2021Bacaan 10 Menit

Badan Usaha

Pelaku usaha dengan skala mikro dan kecil diberi 2 macam pilihan badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT) untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu PT Persekutuan Modal dan Perseroan Perorangan yang selanjutnya disebut PT Perorangan.

09 August 2021Bacaan 4 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved