Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Mengenal Tugas dan Wewenang Organ Yayasan
Badan Usaha

Mengenal Tugas dan Wewenang Organ Yayasan

Published on 12 April 2022 2 menit
by Toha

Pertama-tama perlu diketahui, organ yayasan terdiri dari pembina, pengurus, dan pengawas. Setiap organ tersebut memiliki tugas dan kewenangannya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam rangka mencapai maksud dan tujuan yayasan.

Ringkasan:

Untuk pendirian Yayasan Anda bisa menggunakan Paket Pendirian Yayasan atau Perkumpulan. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔ Akta Pendirian

  • ✔ SK Kemenkumham

  • ✔ NPWP

  • ✔ Tanda Daftar Yayasan (TDY)

Hubungi Sales Kami

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian pembagian tugas dan wewenang organ yayasan yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengelola yayasan.

Pembina

Pembina memiliki kewenangan yang tidak diserahkan kepada pengurus atau pengawas oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan (“UU Yayasan”) atau anggaran dasar, dan tidak boleh merangkap sebagai pengurus atau pengawas.

Adapun kewenangan tersebut meliputi:

  1. keputusan mengenai perubahan anggaran dasar;

  2. pengangkatan dan pemberhentian anggota pengurus dan anggota pengawas;

  3. penetapan kebijakan umum yayasan berdasarkan anggaran dasar;

  4. pengesahan program kerja dan rancangan anggaran tahunan yayasan; dan

  5. penetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran yayasan.

Pengurus

Pengurus pada prinsipnya bertanggung jawab penuh atas kepengurusan yayasan untuk kepentingan dan tujuan yayasan serta berhak mewakili yayasan baik di dalam maupun di luar pengadilan, dan tidak boleh merangkap sebagai pembina atau pengawas.

Namun, anggota pengurus tidak berwenang mewakili yayasan jika:

  1. terjadi perkara di depan pengadilan antara yayasan dengan anggota pengurus yang bersangkutan; atau

  2. anggota pengurus mempunyai kepentingan yang bertentangan dengan kepentingan yayasan.

Jika terjadi hal yang demikian, yang berhak mewakili yayasan ditetapkan dalam anggaran dasar.

Lebih lanjut, pengurus tidak berwenang:

  1. mengikat yayasan sebagai penjamin utang;

  2. mengalihkan kekayaan yayasan kecuali dengan persetujuan pembina; dan

  3. membebani kekayaan yayasan untuk kepentingan pihak lain.

Selain itu, anggaran dasar juga dapat membatasi kewenangan pengurus dalam melakukan perbuatan hukum untuk dan atas nama yayasan, misalnya untuk perbuatan hukum tertentu diperlukan persetujuan dari Pembina dan/atau Pengawas terlebih dahulu.

Selanjutnya, jika terjadi kepailitan karena kesalahan atau kelalaian pengurus dan kekayaan yayasan tidak cukup menutup kerugian, maka setiap anggota pengurus secara tanggung renteng bertanggung jawab atas kerugian, kecuali bagi anggota pengurus yang dapat membuktikan bahwa kepailitan terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaiannya.

Pengawas

Pengawas bertugas melakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada pengurus dalam menjalankan kegiatan yayasan, dan tidak boleh merangkap sebagai pembina atau pengurus.

Pengawas dapat memberhentikan sementara anggota pengurus dengan menyebutkan alasannya dan wajib dilaporkan secara tertulis kepada pembina.

Di sisi lain, dalam hal terjadi kepailitan karena kesalahan atau kelalaian pengawas dalam melakukan tugasnya dan kekayaan yayasan tak cukup menutup kerugian akibat kepailitan, maka setiap anggota pengawas secara tanggung renteng bertanggung jawab atas kerugian tersebut, kecuali bagi yang dapat membuktikan bahwa kepailitan bukan karena kesalahan atau kelalaiannya.

Perlu digarisbawahi, wewenang, tugas, dan tanggung jawab pengawas diatur dalam anggaran dasar. Jadi, pastikan anggaran dasar yayasan harus memuat secara jelas ya.

Larangan Rangkap Jabatan Organ Yayasan

Selain itu dikutip dari Punya Jabatan Dobel di Satu Yayasan? Ini Ketentuannya, hal lain yang perlu kamu pahami adalah terkait larangan rangkap jabatan yang bertujuan untuk menghindari kemungkinan tumpang tindih kewenangan, tugas, dan tanggung jawab antar organ yayasan agar tidak merugikan kepentingan yayasan atau pihak lain.

Sebab, masing-masing organ yayasan punya kewenangan yang saling berkaitan. Misalnya, pengawas mengawasi dan memberi nasihat ke pengurus, sedangkan pembina mengangkat dan memberhentikan pengurus dan pengawas.

Larangan ini tidak termasuk menjabat pada organ yayasan di yayasan lain, namun kamu harus tetap memperhatikan ketentuan anggaran dasar masing-masing yayasan yang mungkin saja mengatur lebih lanjut mengenai hal ini.

Rekomendasi:

Untuk pendirian Yayasan Anda bisa menggunakan Paket Pendirian Yayasan atau Perkumpulan. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔ Akta Pendirian

  • ✔ SK Kemenkumham

  • ✔ NPWP

  • ✔ Tanda Daftar Yayasan (TDY)

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Ormas dan Perkumpulan, Memang Ada Bedanya?

Organisasi Masyarakat (“Ormas”) dan perkumpulan terkesan sama, karena keduanya merupakan lembaga yang mewadahi orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Tapi, tahukah kamu kalau secara hukum keduanya memiliki perbedaan? Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan di antara keduanya.

15 October 20202 menit

Badan Usaha

Mendirikan yayasan merupakan salah satu cara agar kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi memiliki kredibilitas yang baik. Di zaman disruptif seperti sekarang, membangun organisasi yang memiliki kredibilitas sangat penting untuk kelangsungan kegiatannya.

12 August 2019Bacaan 6 Menit

Badan Usaha

Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendirinya, sebagai kekayaan awal. Orang di sini adalah orang perseorangan atau badan hukum.

16 May 2021Bacaan 4 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved