Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Panduan Memilih dan Mengecek Nama PT Supaya Perusahaan Kamu Aman dari Masalah
Badan Usaha

Panduan Memilih dan Mengecek Nama PT Supaya Perusahaan Kamu Aman dari Masalah

Published on 04 April 2022 Bacaan 3 Menit
by Toha

Buat yang berencana mendirikan perusahaan berbentuk PT, sudah punya rencana akan dinamain apa? Cek ketentuan memilih dan mengecek nama PTnya di sini

Ringkasan:

Nama Perseroan Terbatas (PT) merupakan nama yang digunakan sebagai identitas suatu PT untuk membedakan dengan PT yang lain. Oleh karena itu, setiap PT harus memiliki nama PT. Dalam memilih nama PT pastikan kriterianya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, bagi PT yang seluruh modalnya berasal dari dalam negeri wajib menggunakan nama PT dengan bahasa Indonesia. Selanjutnya pendiri PT dapat mengecek apakah nama yang sudah dipilih sudah terdaftar atau belum dalam database Ditjen AHU. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Lihat Layanan Pendirian PT

Nama Perseroan Terbatas (PT) merupakan nama yang digunakan sebagai identitas suatu PT untuk membedakan dengan PT yang lain. Oleh karena itu, setiap PT harus memiliki nama PT. Namun perlu diketahui, khusus PT persekutuan modal, nama hanya dapat kamu gunakan dan dimuat dalam Anggaran Dasar PT setelah mendapatkan persetujuan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Supaya mendapatkan persetujuan Menkumham, kamu harus memilih nama PT dan mengecek ketersediaannya terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan nama PT. Untuk memudahkan kamu, Easybiz membuat panduan ringkas tentang apa saja yang perlu dilakukan. So let’s check it out!

Pemilihan Nama PT

Bagi PT yang keseluruhan modalnya berasal dari dalam negeri wajib menggunakan nama PT dalam bahasa Indonesia dengan persyaratan sebagai berikut:

  • ditulis dengan huruf latin

  • belum dipakai secara sah oleh PT lain atau tidak sama pada pokoknya dengan Nama PT lain

  • tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan

  • tidak sama atau tidak mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan

  • tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata

  • tidak mempunyai arti sebagai Perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata

  • tidak hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai nama PT

  • sesuai dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha PT, dalam hal maksud dan tujuan serta kegiatan usaha akan digunakan sebagai bagian dari nama PT

Kamu juga dapat mengajukan nama PT beserta singkatannya. Namun singkatan tersebut tetap harus memenuhi persyaratan di atas, kecuali syarat tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata. Singkatan nama PT nantinya dapat berupa singkatan yang terdiri atas huruf depan nama PT atau singkatan yang merupakan akronim dari nama PT. Contohnya, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia disingkat PT KSEI.

Baca Juga: Prosedur dan Syarat Pendirian PT Terbaru Yang Wajib Diketahui

Pengecekan Nama PT

Setelah mantap dengan nama PT yang sudah kamu pilih, Langkah berikutnya adalah periksa ketersediaan nama PT tersebut di menu Perseroan Terbatas yang ada dalam AHU ONLINE.

Selanjutnya, kamu dapat mengisi nama PT dan singkatannya (jika ada) yang akan dilakukan pengecekannya pada menu “Cek Nama Perseoran Terbatas”.

Nantinya akan muncul informasi yang menyatakan apakah nama PT tersebut terdaftar atau tidak dalam database Ditjen AHU. Jika nama PT sudah terdaftar, maka kamu tidak dapat mengajukan nama yang telah dipilih. Artinya mau nggak mau kamu harus cari alternatif nama lain.

Tidak hanya itu, hasil pengecekan juga akan menampilkan nama-nama yang memiliki kemiripan dengan nama yang akan kamu ajukan. Dengan begitu kamu memiliki bahan pertimbangan ingin tetap menggunakan nama tersebut atau tidak. Yang paling aman, nama yang akan kamu gunakan untuk PT yang akan didirikan tidak ada kemiripan dengan nama-nama lain yang sudah digunakan.

Agar proses pendiran PT tidak tersendat, Easybiz selalu meminta agar pelanggan mempersiapkan setidaknya 3 nama PT dengan 3 suku kata untuk dijadikan nama cadangan jika nama yang diajukan sudah terdaftar dalam database AHU.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Layanan Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Catat! Ini 8 Dokumen Pendirian PT yang Wajib Disiapkan

Perseroan Terbatas ("PT") memperoleh status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ("Menkumham") dan mendapatkan bukti pendaftaran.

22 August 2021Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Apabila kamu berencana untuk memulai usaha, ada baiknya memperhatikan perbedaan mengenai jenis-jenis modal dalam pendirian Perseroan Terbatas (“PT”), di antaranya modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.

10 September 2020Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Apa yang membedakan di antara klasifikasi saham tersebut?

20 May 2021Bacaan 5 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved