Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > PNS Dilarang Mendirikan PT, Benarkah?
Badan Usaha

PNS Dilarang Mendirikan PT, Benarkah?

Published on 30 May 2022 2 menit
by Hukumonline X Easybiz

Mekanisme pendirian Perseroan Terbatas (“PT”) kini menjadi semakin mudah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk mendirikan PT, tak terkecuali bagi yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (“PNS”). Namun, bisakah PNS mendirikan usaha atau bisnis khususnya yang berbentuk PT?

Ringkasan:

Dalam PP 53/2010 tersebut tidak ada larangan secara tegas bagi PNS untuk mendirikan, memiliki saham/modal atau menjadi anggota direksi/komisaris perusahaan. So, untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

✔PT khusus area Jakarta

✔Virtual Office untuk area Jakarta

✔ Termasuk NPWP perusahaan

Lihat Layanan Pendirian PT

Mekanisme pendirian Perseroan Terbatas (“PT”) kini menjadi semakin mudah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk mendirikan PT, tak terkecuali bagi yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (“PNS”). Namun, bisakah PNS mendirikan usaha atau bisnis khususnya yang berbentuk PT? Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (“UU ASN”), PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Dahulu PNS memang dilarang memiliki saham/modal dalam perusahaan yang kegiatan usahanya berada dalam ruang lingkup kekuasaannya. PNS juga dilarang memiliki saham perusahaan yang kegiatannya tidak berada dalam ruang lingkup kekuasaannya yang jumlah dan sifat pemilikan itu sedemikian rupa sehingga melalui pemilikan saham tersebut dapat langsung atau tidak langsung menentukan penyelenggaraan atau jalannya perusahaan.

PNS juga dilarang melakukan kegiatan usaha dagang baik secara resmi, maupun sambilan, menjadi anggota direksi, pimpinan atau komisaris perusahaan swasta bagi yang berpangkat pembina golongan ruang IV/a ke atas atau yang memangku jabatan eselon I.

Larangan ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil (“PP 30/1980”).

Oleh karena PNS pada awalnya dilarang untuk memiliki saham/modal perusahaan dan mengingat pula pendiri PT sudah pasti sekaligus pemegang saham, seperti yang telah dijelaskan dalam Pendiri PT dan Pemegang Saham, Apa Bedanya?, maka berdasarkan PP 30/1980 PNS dilarang mendirikan PT.

Namun kini PP 30/1980 telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku oleh Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (“PP 53/2010”).

Dalam PP 53/2010 tersebut tidak ada larangan secara tegas bagi PNS untuk mendirikan, memiliki saham/modal atau menjadi anggota direksi/komisaris perusahaan.

Begitu pula ketentuan dalam UU ASN, tidak ada larangan bagi PNS untuk mendirikan usaha maupun jadi direktur/komisaris perusahaan.

Jadi, buat kamu yang berstatus sebagai PNS, kamu bisa mendirikan PT karena larangan kepemilikan saham/modal dan larangan melakukan kegiatan usaha kini telah dicabut.

Meski demikian, PNS yang akan mendirikan usaha atau dalam hal ini PT tetap harus dengan izin dari atasan. Hal ini dikarenakan dalam Sistem Administrasi Badan Hukum (sebagai proses permohonan untuk pengesahan badan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) untuk memasukkan nama pemegang saham atau direksi yang berstatus pegawai negeri harus memakai surat izin dari atasannya.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Layanan Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat PT Perorangan atau PT untuk UMK

Membuat PT Perorangan bisa menjadi opsi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mewadahi bisnisnya. Pendirian PT Perorangan atau PT untuk usaha mikro dan kecil memiliki prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan PT biasa.

09 May 2021Bacaan 10 Menit

Badan Usaha

Buat yang berencana mendirikan perusahaan berbentuk PT, sudah punya rencana akan dinamain apa? Cek ketentuan memilih dan mengecek nama PTnya di sini

04 April 2022Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh customer Easybiz adalah bisakah mendirikan satu badan usaha dengan beberapa bidang usaha. Misalnya, ada yang menanyakan apakah dimungkinkan mendirikan PT atau CV namun untuk beberapa bidang usaha misalnya perdagangan umum, jasa konstruksi, dan biro perjalanan wisata?

25 February 2016Bacaan 5 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved