Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Untuk Mendirikan Perusahan Konsultan IT, Haruskah Membuat PT?
Perizinan Berusaha

Untuk Mendirikan Perusahan Konsultan IT, Haruskah Membuat PT?

Published on 21 June 2016 2 menit
by Toha

Seiring makin majunya teknologi, jenis usaha yang dulunya tidak ada, kini malah menjamur. Salah satu contohnya adalah usaha konsultan IT. Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM), dan system development.

Ringkasan:

Untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultan IT, Anda perlu terlebih dahulu memutuskan bentuk badan usaha yang sesuai. Adanya badan usaha membuat bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih kredibel. Sebab dengan memiliki badan usaha, maka kegiatan, keuangan, dan pertanggungjawaban perusahaan terpisah dengan Anda sebagai perorangan.

Hubungi Sales Kami

Seiring makin majunya teknologi, jenis usaha yang dulunya tidak ada, kini malah menjamur. Salah satu contohnya adalah usaha konsultan IT. Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM), dan system development. Konsultan IT membantu kliennya mengembangkan sistem, mulai dari internal seperti sistem manajemen proyek hingga pembuatan aplikasi yang dapat digunakan oleh pasar kliennya. Secara garis besar, konsultan IT membantu kliennya untuk menciptakan struktur dan sistem IT yang efisien dan user friendly. Bagi Anda yang ingin mengembangkan jasa web designer atau web developer, bisa menggunakan bendera sebagai perusahaan konsultan IT.

Untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultan IT, Anda perlu terlebih dahulu memutuskan bentuk badan usaha yang sesuai. Adanya badan usaha membuat bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih kredibel. Sebab dengan memiliki badan usaha, maka kegiatan, keuangan, dan pertanggungjawaban perusahaan terpisah dengan Anda sebagai perorangan.

Untuk badan usaha bagi perusahaan konsultan IT, Anda bisa membuat PT (Perseroan Terbatas) atau mendirikan CV (Persekutuan Komanditer). Anda bisa mempelajari proses dan syarat membuat PT di beberapa daerah dengan melihat infografis ini. Perbedaan antara PT dan CV ada pada status badan hukum. PT adalah badan usaha yang memiliki badan hukum . Implikasi dari adanya status badan hukum ini adalah adanya pemisahan harta dan tanggung jawab yang jelas antara perusahaan dan pemegang saham. Berbeda dengan CV yang bisa sampai harta pribadi, untuk PT kalau perusahaan mengalami kerugian tanggung jawab pemegang saham hanya sebatas modal yang dia miliki di perusahaan tersebut. Saat ini proses dan syarat membuat PT, terutama di Jakarta, menjadi lebih mudah.

Setelah menentukan badan usaha yang paling pas untuk perusahaan konsultan IT, Anda perlu membuat akta pendirian dari badan usaha tersebut. Di dalam akta tersebut akan disebutkan mulai dari domisili usaha, bidang usaha, hingga persentase kepemilikan saham tiap pendiri dan pemegang saham dari perusahaan Anda (khusus untuk pendirian PT). Jangan lupa memasukkan detail bidang usaha konsultan IT dalam akta pendirian tersebut.

Jika Anda mendirikan PT, maka bersamaan dengan terbitnya akta pendirian, Anda juga akan mendapatkan surat pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan berbekal akta dan surat pengesahan badan hukum, Anda bisa mulai mengurus dokumen legalitas lainnya seperti Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), BPJS Ketenagakerjaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan, Surat Izin Usaha Perdagangan Umum (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Tahapan serupa bila badan usaha yang Anda pilih adalah CV. Yang membedakan proses dan syarat pendirian PT dan CV adalah pendaftaran di pengadilan negeri. Karena CV tidak berbadan hukum maka persyaratan pendirian CV adalah akta pendirian dan pendaftaran di pengadilan negeri, bukan surat pengesahan badan hukum seperti PT. Perizinan dan legalitas lainnya relatif sama.

Nah, untuk mengurus SIUP dan TDP perlu sedikit kejelian dari Anda. Pasalnya, ketika berbicara mengenai SIUP, tidak lepas dari kode-kode bidang usaha yang tertera dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Untuk mengajukan permohonan SIUP, Anda perlu memilih kode bidang usaha secara cermat dengan mencocokkan bidang usaha yang tertera dalam akta, bidang usaha riil yang dijalani, dan kode KBLI yang tersedia. Bagi yang berdomisili usaha di Jakarta dapat menggunakan fasilitas layanan SIUP dan TDP Online yang disediakan oleh PTSP DKI Jakarta. Ini membuat proses dan syarat membuat PT di Jakarta menjadi lebih mudah.

Untuk perusahaan konsultan IT sendiri, Anda dapat memilih kode 6202 dan 7020 untuk dimuat dalam SIUP perusahaan Anda. Kode 6202 mencakup aktivitas konsultasi komputer dan manajemen fasilitas komputer. Sementara kode 7020 mencakup aktivitas konsultasi manajemen. Setelah Anda memiliki semua dokumen legalitas dasar ini, perusahaan konsultan IT Anda siap untuk mulai beroperasi. Kalau sudah berbadan usaha apalagi bentuknya PT, mau ikut tender juga aman.

Baca juga: Strategi Memulai Bisnis Dari Virtual Office

Rekomendasi:

Dan keuntungan-keuntungan di atas bisa kamu dapatkan dalam 2-5 hari menggunakan Layanan Pendirian PT Paket Express ⚡di Easybiz. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Pelajari Lebih LanjutLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Perizinan Berusaha
Cara Mendirikan Perusahaan Digital Agency Yang Harus Anda Pahami

Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat, jenis usaha atau bisnis digital pun semakin banyak dan variatif. Data dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa angka penetrasi internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 34,9%. Artinya dari 252,4 juta penduduk, sebanyak 88 juta diantaranya telah terkoneksi dengan internet. Angka tersebut telah mendorong orang untuk berjualan secara online atau e-commerce.

31 July 20163 menit

Perizinan Berusaha

Pada tahap awal pendirian Perseroan Terbatas (“PT”), modal merupakan aspek yang perlu diperhatikan dengan baik. Selain penting untuk keberlangsungan usaha, modal juga berkaitan erat dengan Perizinan Berusaha.

20 October 2021Bacaan 4 Menit

Badan Usaha

Untuk bisa memahami prosedur dan syarat pendirian PT terbaru serta perizinan usahanya maka harus dikaitkan dengan aturan-aturan terbaru khususnya Undang-Unadng Cipta Kerja dan peraturan pelaksanaannya.

17 February 2020Bacaan 10 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved