fbpx
Begini Caranya Agar Suami Istri Bisa Mendirikan PT
September 14, 2020
Mau Pilih Nama PT? Begini Tips-Tipsnya
September 22, 2020
Show all

Mau Ganti Direksi atau Dewan Komisaris? Baca Ketentuan Ini!

Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, tidak jarang harus berhadapan dengan suatu hal yang membutuhkan penyesuaian di sana-sini, bahkan bisa sampai ke perubahan susunan dewan komisaris atau direksi. Bagi kamu yang sedang dihadapkan dengan perubahan-perubahan ‘besar’ ini, artikel berikut mengulas berbagai hal seputar perubahan dewan komisaris dan direksi sebuah Perseroan Terbatas (“PT”).

Di Mana Tercantum Data Dewan Komisaris dan Direksi?

Informasi mengenai jabatan dewan komisaris dan direksi PT terdapat dalam Anggaran Dasar (“AD”) yang menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, minimal memuat:

  1. nama dan tempat kedudukan PT;
  2. maksud dan tujuan serta kegiatan usaha PT;
  3. jangka waktu berdirinya PT;
  4. besarnya jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor;
  5. jumlah saham, klasifikasi saham apabila ada berikut jumlah saham untuk tiap klasifikasi, hak-hak yang melekat pada setiap saham, dan nilai nominal setiap saham;
  6. nama jabatan dan jumlah anggota dewan komisaris dan direksi;
  7. penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”);
  8. tata cara pengangkatan, penggantian, pemberhentian anggota dewan komisaris dan direksi;
  9. tata cara penggunaan laba dan pembagian dividen.

Namun, nama lengkap dan alamat pemegang saham, anggota direksi, dan anggota dewan komisaris PT berada di data perseroan yang termuat dalam daftar perseroan, bukan dalam AD PT.

Perubahan Anggota Dewan Komisaris dan/atau Direksi

Jika ingin mengganti anggota dewan komisaris dan/atau direksi, maka kamu harus perhatikan ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengajuan Permohonan Pengesahan Badan Hukum dan Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Serta Penyampaian Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar dan Perubahan Data Perseroan Terbatas dan perubahannya yang menerangkan bahwa perubahan data perseroan, meliputi perubahan susunan nama dan jabatan anggota dewan komisaris dan/atau direksi. Sehingga, perubahan susunan anggota dewan komisaris dan/atau direksi PT bukanlah perubahan AD, melainkan perubahan data perseroan.

Tata Cara Penggantian Anggota Dewan Komisaris dan/atau Direksi

Tata cara penggantian anggota dewan komisaris dan/atau direksi sebenarnya diatur dalam AD masing-masing PT. Penggantian ini cukup diberitahukan kepada Menteri Hukum dan HAM dengan mengisi format perubahan pada Sistem Administrasi Badan Hukum (“SABH”).

Pengisian format perubahan harus dilengkapi dengan dokumen pernyataan secara elektronik dari pemohon mengenai dokumen perubahan data perseroan yang disampaikan secara elektronik.

Selain itu, pemohon juga mengunggah akta perubahan data perseroan dan neraca serta laporan laba rugi dari tahun buku bersangkutan bagi PT yang wajib diaudit.

Dokumen perubahan data perseroan yang berupa akta RUPS atau akta keputusan pemegang saham di luar RUPS tentang perubahan susunan dewan komisaris dan/atau direksi kemudian disimpan notaris.

 

  • Tata cara penggantian anggota dewan komisaris dan/atau direksi diatur dalam anggaran dasar masing-masing perusahaan.
  • Penggantian anggota dewan komisaris dan/atau direksi tidak membutuhkan perubahan anggaran dasar, melainkan perubahan data perseroan.
  • Perubahan data perseroan diberitahukan kepada Menteri Hukum dan HAM dengan mencantumkan dokumen-dokumen pendukung.

 

Permohonan dapat diajukan secara manual jika permohonan tidak dapat diajukan secara elektronik, karena:

  1. Notaris yang tempat kedudukannya belum tersedia jaringan internet; atau
  2. SABH tidak berfungsi berdasarkan pengumuman resmi oleh Menteri Hukum dan HAM.

Permohonan secara tertulis dilakukan dengan melampirkan:

  1. dokumen pendukung; dan/atau
  2. surat keterangan dari kepala kantor telekomunikasi setempat yang menyatakan bahwa tempat kedudukan notaris belum terjangkau internet.

Jadi, penggantian anggota dewan komisaris dan/atau direksi PT cukup diberitahukan kepada Menteri Hukum dan HAM dengan mencantumkan akta perubahan data perseroan dan akta RUPS atau akta keputusan pemegang saham di luar RUPS.

 

Jika mengalami kesulitan untuk mengurus pendirian perusahaan dan perizinan berusaha, hubungi Easybiz di 0812 9966 7071 untuk solusi terbaik pendirian perusahaan dan perizinan berusaha yang legal dan tepat.

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>