Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 2 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Pendaftaran Perubahan Data PT, Begini Caranya
Badan Usaha

Pendaftaran Perubahan Data PT, Begini Caranya

Published on 19 Agustus 2021 Bacaan 3 Menit
by Hukumonline X Easybiz

Beberapa perubahan data PT ditetapkan terlebih dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) dan dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris berbahasa Indonesia.

Ringkasan:

Pada prinsipnya perubahan-perubahan data perseroan terbatas persekutuan modal (“PT”) harus didaftarkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (“Menteri”). Tapi perlu digarisbawahi, terdapat batasan waktu untuk mendaftarkan perubahan data PT, sebab jika dibuat melewat batas waktu tersebut, permohonan tidak bisa lagi didaftarkan ke Menteri. Namun, untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales Kami

Perubahan Data PT

Pergantian jajaran direksi, dewan komisaris, dan data pemegang saham tentu merupakan hal yang lazim terjadi dalam praktik jalannya suatu bisnis. Meskipun pergantian tersebut tidak merubah anggaran dasar, namun, tahukah kamu kalau pergantian tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu ke pihak yang berwenang?

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 21 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Badan Hukum Perseroan Terbatas (“Permenkumham 21/2021”) mengatur perubahan data perseroan terbatas persekutuan modal (“PT”) harus didaftarkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (“Menteri”).

Adapun, data yang dimaksud meliputi:

  • perubahan susunan pemegang saham karena pengalihan saham dan/atau perubahan jumlah kepemilikan saham yang dimiliki;

  • perubahan susunan nama dan jabatan anggota direksi dan/atau dewan komisaris;

  • penggabungan, pengambilalihan, dan pemisahan yang tidak disertai perubahan anggaran dasar;

  • pembubaran PT;

  • berakhirnya status badan hukum PT;

  • perubahan nama pemegang saham karena pemegang saham ganti nama; dan

  • perubahan alamat lengkap PT.

Prosedur Pendaftaran Perubahan Data PT

Akan tetapi, sebelum membahas pendaftaran perubahan data ke Menteri, kamu perlu memahami bahwa selain perubahan nama pemegang saham karena pemegang saham ganti nama dan perubahan alamat lengkap PT, perubahan data PT harus ditetapkan terlebih dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) dan dimuat/dinyatakan dalam akta notaris berbahasa Indonesia.

Selanjutnya, jika perubahan data PT tersebut berupa perubahan anggota direksi dan dewan komisaris, direksi wajib memberitahukan perubahan data PT tersebut ke Menteri untuk dicatat dalam daftar PT dalam jangka waktu paling lama 30 hari terhitung sejak tanggal perubahan tersebut. Tapi, jika data yang diubah adalah selain itu, maka batas waktunya adalah paling lama 30 hari terhitung sejak tanggal akta notaris. Jika dibuat melewat batas waktu tersebut, permohonan tidak bisa lagi didaftarkan ke Menteri.

Perubahan data PT diajukan secara elektronik melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) dengan cara mengisi format perubahan dilengkapi keterangan dokumen pendukung, disertai dengan pernyataan pemohon secara elektronik mengenai dokumen perubahan data PT yang telah lengkap.

Sementara itu, dokumen perubahan data PT yang dimaksud berbeda-beda tergantung pada jenis perubahan datanya. Misalnya, untuk perubahan susunan pemegang saham karena pengalihan saham dan/atau perubahan jumlah kepemilikan saham, dokumen yang diperlukan berupa akta perubahan susunan pemegang saham yang meliputi nama dan jumlah saham yang dimiliki dan/atau akta pemindahan hak atas saham.

Lain halnya jika perubahan mencakup susunan nama dan jabatan anggota direksi dan/atau dewan komisaris, dokumen yang diperlukan berupa akta RUPS atau akta keputusan pemegang saham di luar RUPS tentang perubahan susunan direksi dan/atau dewan komisaris.

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Pendirian PT di Tahun 2021 berdasarkan UU Cipta Kerja

Prosedur dan syarat terbaru pendirian PT di tahun 2021 dipermudah untuk memberbaiki ekosistem investasi; kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM; serta kemudahan berusaha pada umumnya. Apa saja poin-poin penting yang wajib kamu ketahui?

31 Desember 2020Bacaan 5 Menit

Badan Usaha

Dalam hal terjadi perubahan substansi dalam Anggaran Dasar, PT melakukan perubahan Anggaran Dasar yang ditetapkan oleh RUPS.

18 Mei 2021Bacaan 5 Menit

Badan Usaha

Untuk bisa memahami prosedur dan syarat pendirian PT terbaru serta perizinan usahanya maka harus dikaitkan dengan aturan-aturan terbaru khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (“PP tentang OSS”)

17 Februari 2020Bacaan 10 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2021 Easybiz | All Rights Reserved