Dalam rangka menjawab keingintahuan para pelaku usaha mengenai Laporan Kegiatan Penanaman Modal, pada tanggal 7 Juli 2020 Easybiz menyelenggarakan workshop yang diadakan tatap muka ke dalam bentuk online atau webinar dengan topik “Pentingnya Memahami Tata Cara dan Teknis Pengisian LKPM Bagi Perusahaan”.

LKPM merupakan laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala. Kewajiban ini ada di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal. Bahkan ada sanksi administratif bagi pelaku usaha yang tidak menyampaikannya.

Penyampaian materi yang dibahas adalah mengenai prinsip-prinsip dasar, tujuan, dan fungsi LKPM. Selain itu dibahas pula mengenai prosedur dan panduan pengisian LKPM bagi kegiatan usaha yang belum berproduksi komersial dan bagi kegiatan usaha yang sudah berproduksi komersial. Serta pembahasan mengenai integrasi LKPM Online ke dalam sistem OSS.

Pemaparan materi pada webinar ini disampaikan oleh Drs. Aries Indanarto selaku Direktur Wilayah III BKPM RI dan Sandria Yolanda Hasanah  selaku Kasie Banten dan Jateng Direktorat Wilayah III Unit Deputi Pengadilan Pelaksanaan Penanaman Modal. Webinar ini dimoderatori oleh Andrey selaku Konsultan dari Easybiz. Secara keseluruhan, webinar berjalan dengan baik, dimana seluruh peserta terlibat aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab.

Comments are closed.

//]]>