Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > 6 Langkah Membuat Laporan Keuangan Bagi Pengusaha Pemula
Badan Usaha

6 Langkah Membuat Laporan Keuangan Bagi Pengusaha Pemula

Published on 02 December 2018 3 menit
by Aryandra

Salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder yaitu berupa laporan keuangan. Baik untuk perusahaan dalam skala besar maupun dalam skala kecil, laporan keuangan merupakan kewajiban yang harus dibuat pada setiap periode. Jika diibaratkan, laporan keuangan merupakan jantung dari sebuah perusahaan.

Ringkasan:

Membiasakan pembuatan catatan dan penyimpanan atas segala transaksi yang dilakukan oleh wirausaha akan sangat membantu di kemudian hari agar terhindari dari masalah yang tidak diinginkan. Akan lebih aman lagi bila wirausaha telah membentuk badan usaha dan memilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas

Untuk pendirian PT Perorangan Anda bisa menggunakan layanan Easybiz dengan mendapatkan dokumen sebagai berikut:

  • ✔️ Pemesanan Nama PT

  • ✔️ Sertifikat Pernyataan Pendirian

  • ✔️ NPWP Perusahaan

  • ✔️ Nomor Induk Berusaha (NIB)

✔️ Sertifikat Standar (jika diperlukan)

Hubungi Sales Kami

Salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder yaitu berupa laporan keuangan. Baik untuk perusahaan dalam skala besar maupun dalam skala kecil, laporan keuangan merupakan kewajiban yang harus dibuat pada setiap periode. Jika diibaratkan, laporan keuangan merupakan jantung dari sebuah perusahaan.

Sebagai pengusaha, Anda wajib bisa membaca laporan keuangan, karena laporan keuangan akan sangat membantu Anda dalam mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan menilai kinerja perusahaan dalam tahun berjalan sehingga Anda dapat mengambil keputusan dengan benar untuk operasional perusahaan selanjutnya. Untuk melihat kondisi keuangan perusahaan, Anda dapat melihat laporan keuangan perusahaan. Terdapat empat jenis laporan keuangan dalam akuntansi, yaitu:

  • Laba rugi

     

    yang mencantumkan transaksi individu dan total uang yang Anda peroleh (pendapatan) dan uang yang Anda keluarkan (pengeluaran).

  • Laporan perubahan modal

     

    yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.

  • Neraca

     

    yang menampilkan informasi bagaimana posisi keuangan dari perusahaan / entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun.

  • Arus kas

     

    yang menggambarkan perputaran kas perusahaan, mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Untuk membuat laporan keuangan, Anda cukup melakukan penjurnalan transaksi, mem-posting ke buku besar, membuat neraca saldo, dan laporan keuangan lainnya. Bagi Anda yang paham tentang akuntansi tentu akan mudah. Namun, jika Anda masih kurang mengetahui akuntansi mungkin hal ini akan menjadi sebuah kesulitan. Karena itulah, di sini kami akan menjelaskan cara mudah membuat laporan keuangan.

Mengumpulkan dan Mencatat Transaksi pada Jurnal

Transaksi merupakan kegiatan umum yang sering dilakukan oleh perusahaan, baik transaksi pembelian, penjualan, penukaran barang, sewa ataupun transaksi lainnya. Bukti transaksi merupakan hal yang sangat penting, hal yang sangat utama dalam akuntansi sehingga bukti transaksi tidak boleh hilang. Bukti transaksi merupakan dasar pencatatan dalam membuat laporan keuangan. Bukti transaksi ini dapat berupa nota, kuitansi, faktur ataupun jenis bukti lainnya. Langkah pertama dalam membuat laporan keuangan adalah mencatat transaksi yang dilakukan oleh perusahaan di tahun berjalan pada jurnal. Semua transaksi yang berkaitan dengan aktivitas operasional perusahaan harus dicatat dalam jurnal dengan rinci.

Memposting Jurnal ke dalam Buku Besar

Setelah membuat jurnal, langkah kedua yaitu mem-posting jurnal ke dalam buku besar. Buku besar merupakan rincian dari setiap akun-akun yang ada. Tidak sulit untuk melakukan hal ini, hanya memindahkan transaksi yang sudah di catat dalam jurnal ke akun-akun yang sesuai dengan rinci.

Menyusun Neraca Saldo

Neraca saldo adalah suatu daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debit atau kredit. Langkah selanjutnya setelah membuat buku besar yaitu menyusun neraca saldo. Daftar rekening pada buku besar dikelompokkan ke dalam kelompok pasiva atau kelompok aktiva. Neraca saldo digunakan untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit dari seluruh rekening.

Mengumpulkan Data yang Diperlukan untuk Membuat Jurnal Penyesuaian

Beberapa transaksi mungkin ada yang belum tercatat atau transaksi terjadi di akhir saat tahap pembuatan laporan keuangan dan masih ada yang tidak sesuai dengan keadaan di akhir periode, sehingga data tersebut dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian.

Menyusun Neraca Lajur

Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan maka kita perlu menyusun neraca lajur atau kertas kerja yang dimulai dari data di neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian. Selanjutnya, saldo yang sudah disesuaikan akan terlihat pada kolom neraca saldo yang telah disesuaikan dan merupakan saldo-saldo yang akan dilaporkan dalam neraca dan laporan rugi laba.

Membuat Laporan Keuangan

Laporan yang sudah disusun di neraca lajur tinggal di tulis dengan rapi sesuai ketentuan atau standar laporan keuangan. Hal ini karena dalam neraca lajur sudah dipisahkan jumlah-jumlah yang dilaporkan dalam neraca atau laporan rugi laba. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan sangat penting, karena mencerminkan kinerja perusahaan dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan Jurnal, software akuntansi onlineJurnal membuat hidup lebih mudah dengan laporan instan, dapat membantu Anda membaca laporan keuangan di mana saja dan kapan saja. Sangat penting untuk memantau kondisi keuangan secara realtime demi masa depan bisnis Anda. Daftarkan bisnis Anda sekarang dan dapatkan free trial selama 30 hari dan diskon 20%.

Laporan Keuangan Tahunan dari Segi Hukum

Membiasakan pembuatan catatan dan penyimpanan atas segala transaksi yang dilakukan oleh wirausaha akan sangat membantu di kemudian hari agar terhindari dari masalah yang tidak diinginkan. Akan lebih aman lagi bila wirausaha telah membentuk badan usaha dan memilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas. Easybiz mempunyai 8 pertimbangan mengapa mendirikan PT lebih menguntungkan bagi UKM dan Startup yang baru memulai usaha. Dalam UU Perseroan Terbatas, Dewan Direksi berkewajiban membuat Laporan Tahunan dan menyampaikan laporan tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), setelah terlebih dahulu laporan tersebut ditelaah oleh Dewan Komisaris.

RUPS adalah hal yang wajib dilakukan menurut UUPT. Direksi dapat menunjuk seseorang yang dapat memastikan terselenggaranya RUPS. Menunjuk Easybiz dan/atau berkonsultasi dengan Advokat di Justika.com dapat memudahkan tugas Direksi agar dapat lebih fokus pada sisi bisnis dan teknis perusahaan. Percayakan saja aspek legalnya pada Advokat di Justika dan perapihan administrasi di Easybiz.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Easybiz dan Jurnal.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT Perorangan Anda bisa menggunakan layanan Easybiz dengan mendapatkan dokumen sebagai berikut:

  • ✔️ Pemesanan Nama PT

  • ✔️ Sertifikat Pernyataan Pendirian

  • ✔️ NPWP Perusahaan

  • ✔️ Nomor Induk Berusaha (NIB)

  • ✔️ Sertifikat Standar (jika diperlukan)

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Jangan Lupa! PT Perorangan Wajib Membuat Laporan Keuangan

PT Perorangan wajib membuat laporan keuangan secara elektronik paling lambat 6 bulan setelah akhir periode akuntansi berjalan.

19 September 2021Bacaan 3 Menit

Badan Usaha

Membuat PT Perorangan bisa menjadi opsi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mewadahi bisnisnya. Pendirian PT Perorangan atau PT untuk usaha mikro dan kecil memiliki prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan PT biasa.

09 May 2021Bacaan 10 Menit

Badan Usaha

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (“LKPM”) adalah laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala. Untuk pelaku usaha skala menengah dan besar wajib melaporkan LKPM setiap 3 bulan.

27 September 2021Bacaan 3 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2022 Easybiz | All Rights Reserved