Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 2 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Aturan Main Mendirikan Perusahaan dengan Virtual Office
Perizinan Berusaha

Aturan Main Mendirikan Perusahaan dengan Virtual Office

Published on 14 Desember 2020 Bacaan 6 Menit
by Hukumonline x Easybiz

Untuk wilayah DKI Jakarta, pelaku usaha yang akan menggunakan jasa virtual office wajib memenuhi syarat-syarat tertentu, mencantumkan alamat virtual office, serta memperhatikan masa berlakunya. Selain itu, Easybiz punya tips khusus loh agar tidak salah pilih virtual office!

Ringkasan:

Penggunaan virtual office kini menjadi semakin popular di kalangan pengusaha start-up atau usaha mikro, kecil, dan menengah yang baru saja mengembangkan usahanya. Meskipun penggunaan virtual office dapat menghapus kendala domsili usaha, namun ada beberapa aturan main yang harus kamu taati jika akan berkantor virtual. Selain itu, salah satu tips yang bisa dilakukan sebelum menggunakan Virtual Office adalah Kamu sebaiknya mencari info terlebih dahulu di PTSP setempat mengenai boleh atau tidaknya bidang usaha yang dijalankan menggunakan virtual office, karena tidak semua bidang usaha diperbolehkan berdomisili di sana. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales Kami

Penggunaan virtual office kini menjadi semakin populer, khususnya bagi pengusaha start-up atau usaha mikro, kecil, dan menengah yang baru saja mengembangkan usahanya. Virtual office memiliki kelebihan antara lain murahnya biaya sewa karena tidak memerlukan ruang kantor yang luas, lebih fleksibel, namun tetap mendapatkan fungsi-fungsi utama dari suatu kantor.

Untuk wilayah DKI Jakarta, pengguna kantor virtual merujuk pada Surat Edaran Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta Nomor 06/SE/2016 Tahun 2016 tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili dan Izin-Izin Lanjutannya Bagi Pengguna Virtual Office.

Jadi, meskipun penggunaan virtual office dapat menghapus kendala domsili usaha bagi perusahaan rintisan, namun ada beberapa aturan main yang harus kamu taati jika akan berkantor virtual, di antaranya sebagai berikut:

Pastikan Telah Memenuhi Syarat

Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan izin usaha lanjutannya, diberikan kepada pengguna virtual office yang merupakan:

  1. Badan usaha yang telah

    memiliki kantor atau lokasi aktivitas usaha yang sesuai dengan zonasi

    dan harus dibuktikan dengan dokumen yang sah misalnya SKDBU atau Izin Usaha yang mencantumkan lokasi kantor atau lokasi aktivitas usaha; atau

  2. Badan usaha/perusahaan perorangan

    yang beraktivitas di rumah tinggal atau lokasi non-permanen (seperti co-working space atau ruang publik lainnya yang tidak menetap) memenuhi kriteria:

  • Tidak mengubah fungsi rumah tinggal;

  • Tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat usaha atau lahan parkir;

  • Tidak menimbulkan polusi air, udara, atau suara melebihi skala rumah tangga;

  • Tidak menggunakan peralatan atau mesin yang otomatis dalam proses produksi;

  • Tidak mengganggu ketertiban lingkungan.

Untuk mendapatkannya, badan usaha wajib melampirkan dokumen resmi atas nama 2 penanggung jawab yaitu 2 anggota direksi, berupa:

  1. KTP (salah satu direksi wajib memiliki KTP DKI Jakarta);

  2. Kartu Keluarga;

  3. NPWP Perorangan;

  4. Data rekening dan surat rekomendasi dari Bank;

  5. Surat Pernyataan bermeterai yang menyatakan kesanggupan memenuhi kriteria di atas.

Tapi jika perusahaan perorangan, dokumen resmi tersebut cukup diwakili oleh pemilik usaha dan satu penjamin.

Alamat Virtual Office

Kamu wajib cantumkan alamat virtual office dan alamat kegiatan/aktivitas nyata perusahaan kamu, baik di kantor atau rumah tinggal pada Surat Keterangan Domisili dan izin lanjutan.

Amati Masa Berlaku

Surat Keterangan Domisili yang menggunakan virtual office berlaku sesuai dengan masa jangka waktu sewanya, paling lama 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan masa berlaku izin usaha lanjutan adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai ketentuan yang berlaku.

Akan tetapi perlu kamu pahami, bahwa DPMPTSP DKI Jakarta melalui SK DPMPTSP 25/2019 menutup pelayanan non perizinan Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan Surat Keterangan Domisili Usaha sebagai bentuk penyederhanaan prosedur persyaratan memulai usaha. Dengan begitu domisili PT kini cukup dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Bila kamu berniat menggunakan virtual office, ada beberapa tips dari Easybiz:

  1. Pelajari cara pembayaran. Ada yang menerapkan pembayaran di muka langsung untuk 12 bulan. Ada juga yang skema pembayarannya lebih fleksibel;

  2. Pelajari paket-paket yang ditawarkan. Untuk paket yang paling ekonomis biasanya hanya mendapatkan alamat domisili dan layanan surat menyurat. Ada pula yang memasukan pemakaian ruang meeting untuk waktu tertentu atau penggunaan lounge meski membeli paket ekonomis;

  3. Pilih yang lokasi strategis, yang mudah dijangkau. Bila mitra bisnis mendadak ingin bertemu, kamu bisa gunakan fasilitas ruang meeting yang tersedia;

  4. Sesuaikan kapasitas ruangan dengan kebutuhan bisnis anda. Umumnya, disediakan ruangan untuk kapasitas mulai dari 1 orang hingga 12 orang.

  5. Pastikan penyedia jasa kantor virtual telah memiliki dokumen lingkungan dan IMB.

  6. Sebelum menyewa, kamu sebaiknya mencari info terlebih dahulu di PTSP setempat mengenai boleh atau tidaknya bidang usaha yang dijalankan menggunakan virtual office karena tidak semua bidang usaha diperbolehkan berdomisili di sana.

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔ Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Sekarang Kamu Bisa Mendirikan PT Perorangan. Ini Prosedur dan Syaratnya

PT Perorangan merupakan salah satu jenis PT yang dapat dijadikan kendaraan bagi kegiatan bisnis yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil.

07 Maret 2021Bacaan 7 Menit

Badan Usaha

Membuat PT Perorangan bisa menjadi opsi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mewadahi bisnisnya. Pendirian PT Perorangan atau PT untuk usaha mikro dan kecil memiliki prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan PT biasa.

09 Mei 2021Bacaan 10 Menit

Badan Usaha

Prosedur dan syarat terbaru pendirian PT di tahun 2021 dipermudah untuk memberbaiki ekosistem investasi; kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM; serta kemudahan berusaha pada umumnya. Apa saja poin-poin penting yang wajib kamu ketahui?

31 Desember 2020Bacaan 5 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2021 Easybiz | All Rights Reserved