Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 2 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Jangan Bingung! Berikut Aturan Klasifikasi Saham
Badan Usaha

Jangan Bingung! Berikut Aturan Klasifikasi Saham

Published on 20 Mei 2021 Bacaan 5 Menit
by Hukumonline x Easybiz

Anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Apa yang membedakan di antara klasifikasi saham tersebut?

Ringkasan:

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) menyatakan anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Jika dalam sebuah PT terdapat lebih dari 1 jenis saham, maka anggaran dasar menetapkan satu di antaranya sebagai saham biasa. Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales Kami

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) menyatakan anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Apa yang membedakan antara klasifikasi saham yang satu dengan yang lainnya?

Dalam suatu perseroan terbatas (“PT”), tentunya pemegang saham memiliki peran penting. Tapi sebelumnya, tahukah kamu kalau tidak semua hak pemegang saham dalam PT itu sama? Sebab saham juga diklasifikasikan ke dalam sejumlah kategori.

UUPT menyatakan anggaran dasar dapat menetapkan 1 klasifikasi saham atau lebih dalam sebuah PT. Adapun bagi para pemegang saham dengan klasifikasi yang sama, diberikan hak yang sama pula.

Nah, jika dalam sebuah PT terdapat lebih dari 1 jenis saham, maka anggaran dasar menetapkan satu di antaranya sebagai saham biasa, yaitu saham yang mempunyai hak suara untuk mengambil keputusan dalam RUPS mengenai segala hal yang berkaitan dengan pengurusan PT, mempunyai hak untuk menerima dividen yang dibagikan, dan menerima sisa kekayaan hasil likuidasi.

Macam-macam klasifikasinya antara lain:

  1. saham dengan hak suara atau tanpa hak suara;

  2. saham dengan hak khusus untuk mencalonkan anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris;

  3. saham yang setelah jangka waktu tertentu ditarik kembali atau ditukar dengan klasifikasi saham lain;

  4. saham yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima dividen lebih dahulu dari pemegang saham klasifikasi lain atas pembagian dividen secara kumulatif atau nonkumulatif;

  5. saham yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima lebih dahulu dari pemegang saham klasifikasi lain atas pembagian sisa kekayaan PT dalam likuidasi.

Namun perlu kamu ketahui, macam-macam jenis saham di atas tidak selalu menunjukkan bahwa klasifikasi itu masing-masing berdiri sendiri, terpisah satu sama lain, tapi bisa juga merupakan gabungan dari 2 klasifikasi atau lebih.

Selain itu, penting juga untuk dicatat, apabila terdapat perbedaan jenis saham, maka anggaran dasar harus memuat klasifikasi saham tersebut, berikut jumlah saham untuk tiap klasifikasi dan hak-hak yang melekat pada setiap saham.

Jadi, meskipun sama-sama pemegang saham dalam suatu PT, bisa jadi jenis saham masing-masing berbeda menurut anggaran dasar PT, dan berkonsekuensi pada haknya selaku pemegang saham. 

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Untuk pendirian PT dalam 2 - 5 hari Anda bisa menggunakan layanan Pendirian PT Paket Express ⚡. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔PT khusus area Jakarta

  • ✔Virtual Office untuk area Jakarta

  • ✔Termasuk NPWP perusahaan

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Berapa Modal untuk Pendirian PT bagi Usaha Mikro dan Kecil?

Modal merupakan aspek paling krusial dalam memulai usaha, terlebih bagi mereka yang baru merintis usaha dengan skala mikro dan kecil. Maka, melalui artikel ini kami akan membahas mengenai ketentuan modal pendirian perseroan terbatas (“PT”) khusus untuk usaha mikro dan kecil.

30 Maret 2021Bacaan 5 Menit

Badan Usaha

Prosedur dan syarat terbaru pendirian PT di tahun 2021 dipermudah untuk memberbaiki ekosistem investasi; kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM; serta kemudahan berusaha pada umumnya. Apa saja poin-poin penting yang wajib kamu ketahui?

31 Desember 2020Bacaan 5 Menit

Perizinan Berusaha

Untuk wilayah DKI Jakarta, pelaku usaha yang akan menggunakan jasa virtual office wajib memenuhi syarat-syarat tertentu, mencantumkan alamat virtual office, serta memperhatikan masa berlakunya. Selain itu, Easybiz punya tips khusus loh agar tidak salah pilih virtual office!

14 Desember 2020Bacaan 6 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2021 Easybiz | All Rights Reserved