Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 2 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Badan Usaha > Yayasan Didirikan Oleh Koperasi, Mungkinkah?
Badan Usaha

Yayasan Didirikan Oleh Koperasi, Mungkinkah?

Published on 16 Mei 2021 Bacaan 4 Menit
by Hukumonline x Easybiz

Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendirinya, sebagai kekayaan awal. Orang di sini adalah orang perseorangan atau badan hukum.

Ringkasan:

Koperasi yang akta pendiriannya telah disahkan pemerintah termasuk sebagai badan hukum, dan oleh karena itu memenuhi kriteria sebagai pendiri yayasan. Untuk pendirian Yayasan Anda bisa menggunakan Paket Pendirian Yayasan atau Perkumpulan. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔ Akta Pendirian

  • ✔ SK Kemenkumham

  • ✔ NPWP

  • ✔ Tanda Daftar Yayasan (TDY)

Hubungi Sales Kami

Yayasan merupakan badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota. Namun, siapa sih yang bisa mendirikan yayasan? Mungkinkah sebuah koperasi dapat mendirikan yayasan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus merujuk pada ketentuan pendirian yayasan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan dan perubahannya.

Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendirinya, sebagai kekayaan awal. Orang di sini adalah orang perseorangan atau badan hukum.

Tapi kita perlu ditinjau lebih lanjut, apakah koperasi memang memenuhi kriteria pendiri yayasan sebagaimana dijelaskan di atas.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian menerangkan koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi memperoleh status badan hukum setelah akta pendiriannya disahkan pemerintah.

Dari penjelasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa koperasi yang akta pendiriannya telah disahkan pemerintah termasuk sebagai badan hukum, dan oleh karena itu memenuhi kriteria sebagai pendiri yayasan.

Pendirian yayasan oleh koperasi dilakukan dengan memisahkan sebagian kekayaan koperasi, baik dalam bentuk uang atau barang. Pendirian yayasan kemudian dilakukan dengan akta notaris dan dibuat dalam bahasa Indonesia.

Sebagai tambahan informasi buat kamu, yayasan memiliki organ yang terdiri dari pembina, pengurus, dan pengawas. Setiap organ tersebut memiliki tugas dan kewenangannya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam rangka mencapai maksud dan tujuan yayasan.

 

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Easybiz.

Rekomendasi:

Untuk pendirian Yayasan Anda bisa menggunakan Paket Pendirian Yayasan atau   Perkumpulan. Yang akan Anda dapatkan:

  • ✔ Akta Pendirian

  • ✔ SK Kemenkumham

  • ✔ NPWP

  • ✔ Tanda Daftar Yayasan (TDY)

Hubungi Sales KamiLihat Paket Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 2000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Badan Usaha
Berapa Modal untuk Pendirian PT bagi Usaha Mikro dan Kecil?

Modal merupakan aspek paling krusial dalam memulai usaha, terlebih bagi mereka yang baru merintis usaha dengan skala mikro dan kecil. Maka, melalui artikel ini kami akan membahas mengenai ketentuan modal pendirian perseroan terbatas (“PT”) khusus untuk usaha mikro dan kecil.

30 Maret 2021Bacaan 5 Menit

Perizinan Berusaha

Untuk wilayah DKI Jakarta, pelaku usaha yang akan menggunakan jasa virtual office wajib memenuhi syarat-syarat tertentu, mencantumkan alamat virtual office, serta memperhatikan masa berlakunya. Selain itu, Easybiz punya tips khusus loh agar tidak salah pilih virtual office!

14 Desember 2020Bacaan 6 Menit

Perizinan Berusaha

Sejak terbitnya PP 24/2018 kita telah mengenal platform baru, yaitu Online Single Submission (OSS) yang berfungsi sebagai satu-satunya gerbang pengajuan izin usaha. Termasuk di antaranya pengajuan IUMK. Berdasarkan PermenkopUKM 2/2019 IUMK merupakan izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

03 Januari 2021Bacaan 8 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2021 Easybiz | All Rights Reserved